PSI Jakarta Buka Pendaftaran Caleg, Anggota Berhak Menentukan Nomor Urut

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran atau seleksi calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD DKI Jakarta.

Warta Kota/Dwi Rizki
Logo Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran atau seleksi calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD DKI Jakarta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran atau seleksi calon Anggota legislatif (caleg) untuk DPRD DKI Jakarta.

Proses seleksi caleg PSI Jakarta ini pun dilakukan oleh Komite Seleksi Caleg yang diketuai oleh Patriot Muslim dengan menarget 2 ribu orang.

Lebih lanjut, Patriot mengatakan bila nantinya anggota PSI bakal memiliki hak untuk memilih bacaleg terbaik di daerah pemilihannya masing-masing.

"Innovasi PSI Jakarta dalam Seleksi Caleg kali ini adalah mengadakan polling anggota PSI. Anggota PSI nantinya akan memiliki hak untuk memilih bacaleg terbaik di daerah pemilihannya masing-masing. Pilihan Anggota PSI akan menentukan nomor urut mereka di surat suara secara signifikan," katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip TribunJakarta.com, Kamis (12/5/2022).

Menurutnya, inisiatif ini diambil sebagai wujud komitmen PSI Jakarta dalam mewujudkan partisipasi anggota partai poltik yang sesungguhnya.

Baca juga: PSI Buka Pendaftaran Caleg DPRD DKI Jakarta dengan Target 2 Ribu Orang, Siapa Minat?

"Kami ingin membangun sense of belonging anggota sehingga menjadi anggota berarti anda berhak untuk menentukan calon Anggota legislatif di dapil masing-masing," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga memastikan bila masyarakat umum bakal banyak terlibat dalam seleksi caleg PSI Jakarta.

Logo Partai Solidaritas Indonesia
Logo Partai Solidaritas Indonesia (ISTIMEWA)

Tepatnya pada tahap Uji Solidaritas, di mana bacaleg akan berkegiatan bersama masyarakat serta tahap Juri Rakyat dimana bacaleg akan melakukan kampanye mini dihadapan masyarakat di dapil masing-masing.

Buka Pendaftaran Caleg DPRD DKI, PSI Targetkan 2 Ribu Orang

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pendaftaran atau seleksi calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD DKI Jakarta.

Proses seleksi caleg PSI Jakarta ini pun dilakukan oleh Komite Seleksi Caleg yang diketuai oleh Patriot Muslim dengan menarget 2 ribu orang.

“Proses seleksi caleg PSI Jakarta kita buka hingga tahun 2023, target kami ada 2.000 pendaftar, warga DKI Jakarta yang terdorong untuk membenahi ibukota, yang akan diseleksi untuk menjadi 106 nama yang akan masuk dalam surat suara," ucap Patriot dalam keterangan tertulis yang dikutip TribunJakarta.com, Kamis (12/5/2022).

Menurutnya, di tahun 2019, PSI Jakarta turut melakukan hal serupa dengan membuka pendaftaran seleksi caleg secara terbuka, dan pada pemilu tersebut PSI Jakarta memperoleh kursi di DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: PSI Beri Sindiran Menohok, Pak Anies Malah Sibuk Keliling Eropa Jelang Lengser: Buang-buang Waktu

“Seleksi Caleg PSI Jakarta memegang nilai meritokratis, profesional, dan terbuka. Oleh karena itu, siapapun yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan PSI Jakarta, kami nantikan berkas pendaftarannya," lanjutnya.

Sebagai informasi, seleksi caleg PSI Jakarta ini terbagi menjadi  lima tahapan yakni pemberkasan, uji solidaritas, juri rakyat, wawancara panelis, dan polling anggota.

Selanjutnya, untuk informasi sekaligus pendaftaran seleksi caleg PSI Jakarta dilakukan secara daring melalui website jakarta.psi.id/daftarcaleg.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved