Hepatitis Akut di Jabodetabek

Kelurahan Mangga Dua Selatan Sosialisasi Penyakit Hepatitis Misterius, Emak-emak Antusias Nyimak

Kelurahan Mangga Dua Selatan di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat menjemput bola dengan memberikan sosialisasi terkait penyakit hepatitis akut.

TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Suasana sosialisasi penyakit hepatitis akut misterius di RW 005 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Jumat (13/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, SAWAH BESAR - Kelurahan Mangga Dua Selatan di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat menjemput bola dengan memberikan sosialisasi terkait penyakit hepatitis akut kepada warga.

Sosialisasi yang dihadiri kaum emak-emak ini digelar di lapangan bulu tangkis RW 005 pada Jumat (13/5/2022) pagi.

Pihak Kelurahan turut bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Sawah Besar untuk memberikan edukasi mengenai bahaya penyakit yang masih misterius itu.

Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada warganya di tengah merebaknya penyakit tersebut.

"Kita melakukan penyuluhan kepada warga terutama dalam kondisi maraknya hepatitis yang belum diketahui penyebabnya apa," katanya kepada TribunJakarta.com di lokasi pada Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Gejala Hepatitis Akut dan Pencegahannya, Simak Langkah Penanganan Jika Terinfeksi

Agata melanjutkan sejauh ini belum ditemui kasus hepatitis akut di wilayahnya.

"Alhamdulilah masih belum ada kasus ya. Mudah-mudahan bisa dipertahankan dan salah satu upayanya kita terus mensosialisasikan kepada warga," tambahnya.

Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra saat memberikan sosialisasi penyakit hepatitis akut di RW 005, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar pada Jumat (13/5/2022).
Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra saat memberikan sosialisasi penyakit hepatitis akut di RW 005, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar pada Jumat (13/5/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

Ia berharap kasus ini tidak ada di wilayah Kecamatan Sawah Besar.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Lusi Widiastuti mengatakan warga sejauh ini belum tersosialisasikan dengan baik.

Maka, sosialisasi ini penting bagi warga agar bisa mencegah.

"Tadi warga cukup antusias ya. Mereka belum tersosialisasikan dengan baik terkait penyakit ini," ujarnya.

Ia meminta agar orangtua harus mewaspadai bila anak memiliki gangguan cerna.

Bisa jadi, itu gejala awal penyakit hepatitis akut.

Suasana sosialisasi penyakit hepatitis akut misterius di RW 005 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Jumat (13/5/2022).
Suasana sosialisasi penyakit hepatitis akut misterius di RW 005 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Jumat (13/5/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS)

"Harus segera datang ke fasilitas kesehatan. Lebih baik lagi datang ke puskesmas karena kami akan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat penyebabnya," pungkas Lusi.

Usai memberikan sosialisasi, petugas puskesmas didampingi lurah menyambangi rumah warga yang memiliki anak balita. 

Ada tiga rumah yang disambangi. Ketiganya dalam kondisi sehat.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved