Kerap Dikeluhkan Orang Tua Murid, PPDB Tahun Ini Diklaim Wagub Ariza Lebih Mudah

Wakil Gubernur DKI Jakarta memastikan, sistem dan PPDB tahun ajaran 2022/2023 jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

TribunJakarta/Muhammad Rizki Hidayat
Suasana di Posko Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMKN 27, Jakarta Pusat, Selasa (8/6/2021). Wakil Gubernur DKI Jakarta memastikan, sistem dan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan, sistem dan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 jauh lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

Sebagai informasi, sistem pendaftaran online PPDB acap kali dikeluhkan oleh para orang tua murid lantaran sulitnya mengakses situsnya.

Oleh sebab itu, Ariza bilang, Pemprov DKI melalui Dinas Pendidikan terus menyempurnakan sistem guna memudahkan masyarakat.

"Kebijakan yang diambil oleh Pemprov melalui Dinas Pendidikan itu memperhatikan dan mempertimbangkan masukan dari semua stakeholder, termasuk para orang tua dan siswa itu sendiri," ucapnya di Balai Kota, Selasa (18/5/2022) malam.

Ariza menyebut, Disdik DKI akan terus memberikan sosialisasi terkait PPDB ini kepada para orang tua murid.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan saat UTBK SBMPTN 2022, dari Tiba di Lokasi hingga saat Ujian Berlangsung

"Sejak lama sudah terus dikoordinasikan, disosialisasikan, didialogkan. Jadi silakan para orang tua murid dengan komite sekolah terus berdialog dan berdiskusi," ujarnya.

Sebelumnya, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2022 bakal dibuka dengan lebih variatif.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2022). 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2022).  (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan hal ini sebagai tujuan membentuk kesetaraan kesempatan bagi semua warga dari seluruh latar belakang.

Anak buah Gubernur Anies ini pun mengklaim bila pihaknya telah melakukan berbagai perbaikan, baik dari segi regulasi maupun teknis, demi memfasilitasi para peserta didik agar mendapat pendidikan berkualitas di DKI Jakarta.

Baca juga: Riza Patria Didukung Maju Pilkada 2024, Gerindra: Bukan Hal Aneh, Dia Sudah Tahu Peta DKI

"Di tahun ini, terdapat penyempurnaan yang dilakukan berdasarkan evaluasi pelaksanaan tahun lalu yaitu pada jalur prestasi dan zonasi, yang mana tingkatan penilaian persentil pada jalur prestasi ditambahkan agar perbedaan hasil persentil dapat lebih rata. Selain itu juga dilakukan perluasan zona prioritas 2 untuk dapat mengakomodir peserta didik yang ada di sekitar sekolah," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Sementara dari sisi teknis, proses pengajuan akun dapat dilakukan sepanjang proses pendaftaran untuk mengurai traffic sistem.

"Dengan perbaikan-perbaikan tersebut, diharapkan proses PPDB Online 2022 akan berjalan lebih efektif, dengan tetap mengedepankan prinsip kesetaraan, sehingga sekolah-sekolah yang disubsidi oleh negara dapat memberi lebih banyak bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan," lanjutnya.

Pemprov DKI Jakarta membuka pengajuan akun sebagai syarat pendaftaran dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah dasar negeri mulai hari ini, Selasa (17/5/2022).
Pemprov DKI Jakarta membuka pengajuan akun sebagai syarat pendaftaran dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) sekolah dasar negeri mulai hari ini, Selasa (17/5/2022). (Layar tangkap instagram @officialppdbdki)

Sejalan dengan prinsip PPDB di atas, selain jenjang SMA, PPDB Bersama juga sudah menambah jenjang SMK untuk dapat memperluas cakupan peserta didik yang akan dibiayai uang pangkal dan SPPnya selama 3 tahun.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved