Antisipasi Virus Corona di DKI

Pasar Jatinegara dan Pasar Ciracas Masih Wajibkan Pedagang dan Pembeli Pakai Masker

Pasar Jatinegara dan Pasar Ciracas, Jakarta Timur masih mewajibkan para pedagang dan pembeli mengenakan masker selama beraktivitas.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Shutterstock via Kompas
Ilustrasi masker - Pasar Jatinegara dan Pasar Ciracas, Jakarta Timur masih mewajibkan para pedagang dan pembeli mengenakan masker selama beraktivitas. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Pasar Jatinegara dan Pasar Ciracas, Jakarta Timur masih mewajibkan para pedagang dan pembeli mengenakan masker selama beraktivitas.

Manager Area 8 Jatinegara PD Pasar Jaya, Sion Purba, mengatakan penggunaan masker di Pasar Jatinegara tetap diwajibkan usai Presiden Joko Widodo melonggarkan penggunaan masker.

"Sampai saat ini kita masih tetap memberlakukan wajib, karena (tempat) keramaian dan ruang tertutup," kata Sion saat dikonfirmasi di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2022).

Dua hal tersebut membuat penularan Covid-19 lebih rentan, sehingga para seluruh orang yang beraktivitas di Pasar Jatinegara masih diwajibkan menggunakan masker.

Menurutnya hingga kini pun juga belum ada intruksi dari PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar di wilayah Provinsi DKI Jakarta terkait pelonggaran pemakaian masker.

Baca juga: Jokowi Izinkan Lepas Masker di Ruang Terbuka, Warga Minta Tak Buru-buru: Banyak yang Gak Taat Prokes

"Hingga kini juga belum dapat surat edaran dari kantor pusat (Perumda Pasar Jaya) ihwal pelonggaran pemakaian masker di pasar," ujarnya.

Sementara Kepala Pasar Ciracas Alvi Rahim juga menuturkan hingga kini penggunaan masker sebagai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 masih diterapkan.

Ilustrasi masker
Ilustrasi masker (SHUTTERSTOCK/MARIDAV)

Tapi dia tidak menjelaskan alasan penggunaan masker masih diwajibkan, hanya menjelaskan bahwa penerapan protokol kesehatan (Prokes) di Pasar Ciracas tidak berubah.

"Terkait masker kita masih jalankan prokes seperti biasa," tutur Alvin.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan pemerintah melonggarkan kebijakan pemakaian masker karena penanganan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali.

Di antaranya dengan memperbolehkan warga tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang dengan sejumlah catatan.

Baca juga: Pemprov DKI Bakal Terbitkan Pergub dan Kepgub Usai Jokowi Bolehkan Tak Pakai Masker di Ruang Terbuka

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiiki komorbid saya tetap sarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas," kata Jokowi, Selasa (17/5/2022).

Kemudian untuk warga yang mengalami pilek dan batuk disarankan untuk tetap memakai masker saat beraktivitas.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved