Mengikuti 8 Hari Perjalanan Gubernur Anies Baswedan Keliling Eropa, Ini Hasilnya

Ada empat negara yang dikunjungi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, dan Luksemburg.

Instagram @aniesbaswedan
Gubernur Anies Baswedan bersama CEO Danone Internasional Antoine de Saint-Affrique. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan keliling Eropa selama 8 hari pada pertengahan Mei 2022 kemarin.

Ada empat negara yang dikunjungi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, yaitu Inggris, Prancis, Jerman, dan Luksemburg.

Kegiatan Anies selama melakukan kunjungan kerja ke luar negeri ini pun sedikit banyak dibagikan di media sosial instagram miliknya (@aniesbaswedan).

Lalu apa hasil lawatan Anies keliling empat negara itu selama 8 hari tersebut? TribunJakarta.com coba merangkumnya.

1. Dukungan BloombergNEF untuk elektrifikasi Armada Transjakarta

Dalam lawatannya ke Inggris, Gubernur Anies Baswedan dan jajarannya berhasil menandatangani kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BloombergNEF).

Kerja sama ini terkait elektrifikasi armada bus Transjakarta demi mewujudkan target 2050 Jakarta bisa bebas emisi karbon atau mencapai net zero emissions.

Baca juga: Tak Hadiri Halalbihalal Muhammadiyah, Gubernur Anies Dikabarkan Terima Lamaran Putrinya

Pada 2025 mendatang, Transjakarta pun menargetkan elektrifikasi mencapai 50 persen dari total armada yang beroperasi.

"BloombergNEF sebagai penyedia penelitian strategis, dinilai dapat membantu mengarahkan investasi dan menghasilkan ide-ide yang dapat membantu percepatan transisi tersebut di Jakarta, dan Indonesia pada umumnya," ucap Anies dalam keterangan tertulis.

Adapun penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Transjakarta Yana Aditya dan Global Head of Client Relations of BloombergNEF Benji Kafri.

"Kerja sama dengan BNEF dilakukan untuk mengelola data dan riset dalam mendukung adaptasi transisi energi dalam bentuk bus listrik," ujar Dirut Transjakarta Yana Aditya.

"Kerja sama ini juga salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong transisi menuju ekonomi rendah karbon dan target capaian net zero emission yang tengah dilakukan oleh Pemprov DKI, salah satunya melalui elektrifikasi bus Transjakarta," sambungnya.

2. Dukungan Perusahaan Inggris dan Prancis untuk Pembangunan MRT Fase 3 dan 4

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved