Pilpres 2024

Zulhas Beberkan Misi Besar Koalisi Indonesia Bersatu, Nama Anies hingga Ridwan Kamil Mulai Disebut

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas, membeberkan misi besar terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pilpres 2024 mendatang.

Tribun Jakarta
Kolase foto ketum partai Kolaisi Indonesia Bersatu dengan Anies Basweda dan Ridwan Kamil. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas, membeberkan misi besar terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Pilpres 2024 mendatang.

Koalisi yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP ittu memiliki fokus tersendiri terhadap kandidat capres cawapres  yang akan bertarung pada kontestasi politik lima tahunan itu.

Zulhas mengungkapkannya saat menghadiri Silaturahmi Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senin (30/5/2022).

Misi besar itu adalah bagaimana membuat Pilpres 2024 diikuti oleh lebih dari dua atau tiga kandidat capres cawapres.

"Sekali lagi kami mencoba, (partai) saya dan partainya Ketua MPR dan PPP tadi disinggung soalnya makanya saya jelaskan ini, disinggung pak ketua tadi, kita coba kalau bisa calonnya itu jangan dua, tiga minimal gitu, tiga atau lebih," kata Zulhas.

Baca juga: PAN, Golkar dan PPP Bertemu, KIB DKI Ungkap Kriteria Pengganti Anies Baswedan di Pilkada 2024

Ada alasan di balik misi besar mencegah Pilpres hanya diikuti dua pasanganc calon.

Menurut Zulhas berkaca pada Pilpres 2014 dan 2019 yang hanya terdapat dua pasangan calon, konsekuensinya adalah terjadi polarisasi.

Masyarakat terbelah dan membutuhkan waktu panjang untuk konsolodisasi.

Dengan hanya ada dua calon, maka akhirnya lebih banyak kampanye hitam yang menyerang pribadin hingga politik identitas dan SARA.

Sedangkan, jika jumlah pasangan calon lebih dari dua maka peluang keterbelahan semakin kecil.

Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam.
Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam. (Istimewa)
Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved