Permudah Usaha Kuliner Melalui Strategi Cloud Kitchen di Tengah Kenaikan Layanan Food Delivery

Bagi \pemilik bisnis F&B yang ingin memaksimalkan penjualan menjangkau audiens lebih luas, strategi paling tepat yang dapat dilakukan di era teknologi

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Beroperasi dari awal tahun 2021, Eden Kitchens adalah salah satu cloud kitchen yang dibangun di kawasan Thamrin yang berada di tengah kota Jakarta. 

TRIBUNJAKARTA,COM, JAKARTA - Kemunculan pandemi Covid-19 telah menjadi krisis terburuk yang melanda industri food&beverage (F&B).

Menurut data dari Kearney, sebuah perusahaan management consulting di Indonesia, beberapa negara termasuk Indonesia bahkan terkena dampak yang lebih parah dengan penurunan 35 hingga 40 persen, baik karena PSBB yang ketat atau konsumen yang terus makan di rumah meski PSBB telah berakhir.

Ketika penjualan merosot jatuh, risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) pada pegawai dan penutupan restoran secara permanen terjadi lebih dari 20 persen dari seluruh pasar.

Namun untuk mereka yang cepat beradaptasi dengan teknologi inovasi, industri F&B justru dapat membantu menaikkan pendapatan bisnis F&B dengan pesat.

Bagi para pemilik bisnis F&B yang ingin memaksimalkan penjualan dan menjangkau audiens lebih luas, strategi paling tepat yang dapat dilakukan di era Teknologi digital saat ini ialah memanfaatkan konsep cloud kitchen.

Strategi cloud kitchen adalah ruang dapur komersial yang menyediakan fasilitas dan layanan secara virtual, yaitu khusus untuk delivery dan take away saja, tanpa ruang makan fisik.

Konsep ini dijalankan melalui pesanan online dan delivery serta dapat memiliki beberapa outlet yang berfungsi dari satu dapur.

Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen di mana orang-orang belakangan ini lebih condong delivery atau pesan antar daripada makan di luar.

Bahkan sebelum pandemi muncul, konsep cloud kitchen juga telah menjadi solusi di beberapa negara yang maju seperti America Serikat dan Cina.

Sebab konsep cloud kitchen membantu para pengusaha F&B secara efektif memperluas pasar yang tersedia, serta memperbolehkan mereka untuk memangkas biaya operasional dan fixed cost atau biaya tetap.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved