Viral Bocah SD Blokade Jalan Pakai Meja, Protes Truk Tambang Sering Melintas Bikin Ganggu Belajar

mereka tak mau jalan di depan sekolahnya dilintasi truk tambang. Selain murid SD, warga sekitar juga ikut demo.

TribunnewsSultra.com/Istimewa
Sejumlah siswa SD (sekolah dasar) di Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara menutup akses jalan milik perusahaan tambang menggunakan kursi dan meja. Aksi protes siswa SD ini terjdi di Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Selasa (31/5/2022) kemarin. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Viral foto bocah SD protes aktivitas tambang dengan blokade jalan dengan meja sekolah supaya truk pengangkut hasil tambang tak bisa lewat.

Protes bocah SD ini terjadi di Puusuli, Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara pada Selasa (31/5/2022).

Dikutip dari Tribunnews, mereka tak mau jalan di depan sekolahnya dilintasi truk tambang. Selain murid SD, warga sekitar juga ikut demo.

Bocah SD itu protes masih mengenakan seragam sekolahnya, putih merah. Truk tambang yang hendak lewat, tak bisa berbuat banyak dan hanya berhenti.

Warga di desa itu, meyebut, protes para bocah SD karena terganggu dengan aktivitas pertambangan selama proses belajar mengajar.

Baca juga: Cerita Pelayan Bakso Jedot Tanah Abang Ngilu Lihat Mbak-mbak Cantik Benjol: Untung Enggak Berdarah

Selain itu, truk tambang juga merusak jalan menuju sekolah mereka hingga terkadang menghambat para murid yang berangkat ke sekolah.

"Mereka terganggu dengan jalan yang dilalui mobil tambang. Karena jalannya perusahaan tambang tepat berada di depan sekolah mereka," kata warga, Rabu (1/6/2022).

Truk tambang yang lalu lalang di depan sekolah, membuat bising hingga menggangu aktivitas belajar-mengajar di sekolah tersebut.

Dampak lain yang juga dirasakan para murid dan warga, yakni jalan di desa mereka juga rusak karena adanya aktivitas pertambangan milik perusahaan tambang.

Kemudian, sumber mata air masyarakat juga berdampak dengan aktivitas tambang. Sehingga akses air bersih kini susah didapatkan masyarakat setempat.

"Akibat pertambangan ini, sumber mata air di desa kami keruh dan berlumpur karena galian material di perusaaan tambang," ujar warga.

Untuk itu, warga setempat meminta pemerintah bisa mengatasi masalah ini bahkan menindak pihak perusahaan tambang yang tak mau mendengar keluhan warga.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Foto Siswa SD di Konut Lakukan Protes, Tutup Jalan dengan Meja Sekolah, Terganggu Aktivitas Tambang

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved