Formula E

BUMN Emoh jadi Sponsor, Sahroni Cium Aroma Politik di Formula E Jakarta Padahal Hajatan Negara 

Menurut Sahroni, Formula E Jakarta 2022 merupakan hajatan negara Indonesia dan menjadi tanggung jawab Presiden Joko Widodo, bukan Gubernur Anies

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Acos aka Abdul Qodir
ISTIMEWA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni (kanan) saat meninjau lokasi sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/10/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Meski panitia menaruh harapan tinggi, namun perhelatan perdana Formula E di Indonesia, tepatnya di DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, dipastikan tanpa sponsorhip perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dari 31 perusahaan yang menjadi sponsor resmi Formula E Jakarta 2022, tak satu pun ada nama anak perusahaan yang tergabung dalam BUMN.

"Jakarta E-Prix 2022 akan didukung oleh 31 perusahaan swasta dalam negeri dan beberapa sponsor global lainnya," kata Vice Managing Director Jakarta E-Prix, Gunung Kartiko melalui keterangan resminya pada Rabu (1/6/2022), yang dikutip dari Tribun Jakarta.

"Adapun para sponsor kami terdiri dari berbagai industri, seperti bank, kecantikan, perusahaan teknologi, hingga perhotelan," imbuhnya.

Selain puluhan sponsor tersebut, gelaran Jakarta E-Prix tersebut juga didukung oleh sejumlah sponsor global yang dibawa oleh pihak Formula E Operations (FEO).

Baca juga: Minta BUMN Jadi Sponsor Formula E, Sahroni: Bukan Masalah Duit, Gua Memelas Demi Bangsa dan Negara

Untuk bidang telekomunikasi, Indosat Ooredoo Hutchison Powered by Ericson akan menjadi sponsor yang mendukung jaringan 5G resmi di Jakarta E-Prix.

Disampaikan, Pertamina Renewable Diesel menjadi sponsor resmi terkait energi terbarukan.

Ketua Komite Pelaksana Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021).
Ketua Komite Pelaksana Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021). (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Bahan bakar nabati yang menjadi produk Pertamina akan digunakan pada generator penghasil listrik untuk electric vehicle di ajang Jakarta E-Prix.

Kepastian tidak adanya sponsor dari perusahaan BUMN dalam ajang Formula E Jakarta 2022 juga disampaikan oleh VP Organizing Committee (OC) Formula E Iman Sjafei.

Hanya ada Bank DKI selaku perusahaan BUMD Pemprov DKI yang menjadi sponsor ajang balap ini. 

Pasalnya, kerja sama sponsor dengan PT Kilang Pertamina International selaku anak perusahaan PT Pertamina mendadak dibatalkan.

“(BUMN) enggak ada, sudah fix enggak ada,” ucap VP Organizing Committee (OC) Formula E Iman Sjafei, Rabu (1/6/2022).

Baca juga: Anies Ogah Pakai Pawang Hujan Saat Balapan Formula E, Pilih Gandeng BMKG: Kita Bekerja Pakai Data

Tiga hari jelang balapan, Iman pun memastikan tak akan ada lagi sponsor yang masuk untuk mendukung gelaran balap mobil listrik terbesar di dunia ini.

Sebagai informasi, awalnya kerja sama dengan PT Kilang Pertamina International berupa pemberian diskon atas pembelian produk Pertamina Renewable Diesel.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved