Breaking News:

Kemenag Masih Temukan Calon Jemaah Haji yang Belum Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap

Kementerian Agama masih mendapati calon jemaah haji di tahun 1443 Hijriah yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kedatangan kloter pertama calon jemaah haji asal Provinsi DKI Jakarta dan Banten di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (3/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Kementerian Agama masih mendapati calon jemaah haji di tahun 1443 Hijriah yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief​ mengatakan calon jemaah haji yang belum mendapat vaksinasi Covid-19 umumnya berada di wilayah pelosok.

"Ya satu, dua (calon jemaah) di daerah mungkin masih ada, nah ini yang mesti dikawal, apakah tidak mau atau sebagainya," kata Hilman di Asrama Haji Pondok Gede, Jumat (3/6/2022).

Menurutnya ada sejumlah hal yang membuat calon jemaah haji belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap sebagaimana syarat ditetapkan pemerintah Arab Saudi.

Di antaranya karena masalah sulit menjangkau fasilitas kesehatan di domisilinya, seperti harus menyeberangi pulau untuk menuju lokasi vaksinasi atau faktor lainnya.

Baca juga: 393 Calon Jemaah Haji Asal Kota Tangerang Jalani Swab Test Massal Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

"Ini yang harus dikawal, apakah karena tidak mau (divaksin Covid-19). Itu kan harus diyakinkan, karena cara pandang orang berbeda. Kedua atau mungkin aksesnya yang sulit," ujarnya.

Hilman menuturkan pihaknya melakukan verifikasi ketat bagi calon jemaah haj tahun ini, meliputi umur di bawah 65 tahun, vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, dan tes swab PCR negatif Covid-19.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief saat memberi keterangan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (3/6/2022).
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief saat memberi keterangan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (3/6/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Tujuannya agar ke tiba di tanah suci jemaah haji tidak justru dipulangkan oleh pemerintah Arab Saudi karena dinyatakan melanggar persyaratan pelaksanaan ibadah haji.

"Kita ingin ketat di sini, agak keras di sini. Asal para jemaah berangkat lancar semuanya. Daripada mendapat masalah karena tidak standar di sana," tuturnya.

Hilman memastikan seluruh calon jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur sudah memenuhi seluruh persyaratan dan dapat diberangkatkan.

Pada kloter pertama di Asrama Haji Pondok Gede tercatat sebanyak 393 jemaah asal Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten yang akan diberangkatkan Sabtu (4/6/2022) pukul 06.00 WIB.

Petugas Kementerian Agama memasangkan gelang identitas kepada calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (3/6/2022).
Petugas Kementerian Agama memasangkan gelang identitas kepada calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (3/6/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Insya Allah jemaah akan tinggal dulu di asrama, istirahat, transit. Dicek berat tasnya, dicek maksimal 32 (kilogram). Tapi saya kira menarik tadi, saya cek di lapangan banyak juga yang bawaannya hanya belasan kilogram," lanjut Hilman.

Pantauan di Asrama Haji Pondok Gede seluruh calon jemaah tampak antusias mengikuti proses verifikasi yang ditetapkan Kementerian Agama, termasuk mendapat gelang identitas.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved