Akan Ada Hari Ekonomi Kreatif Nasional, Kabar Baiknya Diumumkan Jelang G20 di Bali

Sektor Ekonomi Kreatif melalui UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sejak 1998.

Tribun Kaltim/Muhammad Arfan
Ilustrasi ekonomi kreatif - Perajin tas rotan 

TRIBUNJAKARTA .COM - Rencana adanya Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) yang juga didukung DPR disambut baik para pelaku ekonomi kreatif di Tanah Air.

Ketua Umum DPP Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraf) Kawendra Lukistian mengatakan, dukungan ini menjadi penyemangat bagi pelaku ekonomi kreatif.

"Tentunya saya bersyukur Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini mendapat perhatian serius dari Komisi X DPR RI hari ini dan saya juga mengapreasiasi respon Menparekraf RI yang berkomitmen mendorong Hekrafnas menjadi momen kebangkitan para pelaku ekraf pasca-pandemi," kata Kawendra dalam keterangan resmi yang diterima TribunJakarta, Jumat (3/6/2022).

Dengan dukungan ini, Kawendra berharap acara ini berjalan dengan baik dan lancar serta diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat yang tengah tertekan akibat pandemi Covid-19.

"Kita doakan semua prosesnya lancar, dan Hekrafnas ini bisa menjadi legacy kita bersama untuk bangsa. Semangat juga untuk seluruh komite Hekrafnas Gekrafs, kita sinergi dan koordinasi optimal dengan semua pihak," ujarnya.

Sementara Ketua DPP Gekrafs yang mendapatkan tugas selaku Ketua Komite Hari Ekonomi Kreatif Nasional, Ferry Ardiansyah mengatakan, hal ini merupakan pencapaian awal luar biasa bagi sektor ekonomi kreatif (ekraf). Ia juga mengapresiasi Komisi X DPR yang mendukung kegiatan tersebut.

Baca juga: Pemkot Bekasi Bentuk Komite Ekonomi Kreatif, Gedung Kreatif Center Segera Beroperasi

"Besar harapan kolaborasi ini berjalan dengan baik, terlaksana dengan sesuai apa yang direncanakan. Yang pasti, komite terus bekerja keras untuk memastikan semua aspek pendukung kebutuhan uji materi yang akan di presentasikan kepada Komisi X DPR RI terkait data autentik, jurnal literasi dan kajian ilmiah serta data penunjang lain nya yang di dapatkan melalui kolektif data secara primer maupun data sekunder.

Semua ini terus diupayakan bersama dengan para pakar yang terlibat dalam kepengurusan komite Hari Ekonomi Kreatif Nasional dari Gekrafs" paparnya.

Menparekraf Sandiaga Uno dan Publik figur Atta Halilintar mencicipi produk UMKM yang ada di Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/6/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno dan Publik figur Atta Halilintar mencicipi produk UMKM yang ada di Desa Wisata Maria, Kecamatan Wawo, Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/6/2021). (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

Sebelumnya, Anggota Komisi X DPR Ali Zamroni dalam rapat kerja meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan wadah untuk kegiatan Hari Ekonomi Kreatif Nasional. Hal ini karena kegitan itu dirasa punya tujuan yang sangat baik.

"Tujuan ini sangat baik pak menteri, ikthiar kita bersama untuk membangkitkan ekonomi kreatif ini harus kita apresiasi. Dan artinya momentum Hari Ekonomi Kreatif Nasional ini menjadi penyemangat buat para ekonomi kreatif," kata Zamroni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved