Sampaikan Protes Warga, Ganjar Sebut Luhut Setuju Tunda Tarif Candi Borobudur Rp 750 Ribu

Hal ini disampaikan Ganjar usai menerima kunjungan Menko Manives Luhut Binsar Pandjaitan di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa (7/6/2022).

Tribun Jateng/Hermawan Endra
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan setuju atas usulannua untuk menunda rencana kenaikan tarif menaiki stupa Candi Borobudur Magelang Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal.

Hal ini disampaikan Ganjar usai menerima kunjungan Menko Manives Luhut Binsar Pandjaitan di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa (7/6/2022). 

Ganjar mengaku dalam pertemuan itu dibahas beberapa hal, di antaranya dirinya mengusulkan penundaan kenaikan tarif menaiki stupa Candi Borobudur bersamaan kebijakan pembatasan pengunjungnya.

Usulan itu disampaikannya mengingat adanya protes dari warga atas kenaikan tarif tersebut.

Menurut Ganjar, diperlukan beberapa langkah sebelum akhirnya diberlakukan kenaikan tarif.

Oleh karena itu, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengusulkan kepada Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk menunda rencana tersebut. 

Baca juga: Trending di Twitter Gara-gara Aturan Luhut, Ini Sejarah Candi Borobudur: Dibangun Selama 50 Tahun

Menurut Ganjar, penetapan tarif naik ke stupa Candi Borobudur perlu dikaji lagi bersama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

"Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC (Taman Wisata Candi) sama balai sedang komunikasi maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan," kata Ganjar pertemuan dengan Luhut.

Candi Borobudur - The Biggest Buddhist Temple In The World
Candi Borobudur - The Biggest Buddhist Temple In The World (Tribun Jogja)

Ganjar menjelaskan, penataan di kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan.

Oleh karena itu, harus dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi, baik dengan pembatasan kuota maupun instrumen lain, seperti penentuan tarif masuk. 

"Kita postpone dulu. Tadi, Pak Menteri (Luhut) sudah menyampaikan, Pak Gub itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana," ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) berencana menaikkan tarif tiket menaiki stupa Candi Borobudur untuk wisatawan lokal seharga Rp 750 ribu per orang dan wisatawan mancanegara sebesar 100 Dolar Amerika Serikat. 

Sementara, tarif untuk memasuki kawasan Candi Borobudur masih tetap Rp 50 ribu untuk wisatawan lokal. Adapun diatur soal kuota 1.200 orang per hari demi menjaga dan melestarikan Candi Borobudur.

Luhut sebelumnya juga membenarkan rencana kenaikan tarif Candi Borobudur itu.

Baca juga: Menikmati Pameran Seni di Wajah Baru TIM, Sudah Berkunjung?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved