Mayasari Bakti Luncurkan 30 Bus Listrik Transjakarta, Ramah Disabilitas dan Minim Risiko Korsleting

PT Mayasari Bakti meluncurkan 30 bus listrik untuk melayani penumpang Transjakarta pada dua rute, yakni Blok M-Senen dan Tanah Abang-Senen.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tampak jembatan untuk fasilitas akses pengguna kursi roda masuk pada bus listrik Transjakarta milik Mayasari Bakti, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - PT Mayasari Bakti meluncurkan 30 bus listrik untuk melayani penumpang Transjakarta pada dua rute, yakni Blok M-Senen dan Tanah Abang-Senen.

Direktur Umum dan Personalia PT Mayasari Bakti, Achmad Zulkifli mengatakan peluncuran bus listrik ini guna mendukung program pemerintah dalam mengurangi polusi udara.

"Selain kita melakukan pengadaan bus listrik kita juga membangun charging station atau SKPLU untuk pengisian bahan energinya, berupa listrik," kata Achmad di Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022).

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dibangun PT Mayasari Bakti berada di pol Jalan Lapangan Tembak, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas.

Di pol tersebut disediakan pengisian energi listrik berkapasitas tegangan 2.500.000 VA dengan 10 tempat pengisian berkapasitas 200 kwh hasil kerja sama Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Baca juga: Simak Penyesuaian Layanan Transjakarta Imbas Demo Buruh di Patung Kuda

Peluncuran bus listrik operator PT Mayasari Bakti ini pun sudah melalui proses ujicoba, hasilnya seluruh armada berbahan bakar listrik dinyatakan layak jalan untuk melayani penumpang.

"Dari ujicoba serta yang sudah kita laksanakan sampai hari ini relatif aman karena dari tujuh sampai delapan rit itu kita konsumsi listrik kisaran 65-70 persen dari total sehingga masih relatif aman," ujarnya.

Direktur Umum dan Personalia PT Mayasari Bakti, Achmad Zulkifli saat memberi keterangan terkait peluncuran bus listrik, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022).
Direktur Umum dan Personalia PT Mayasari Bakti, Achmad Zulkifli saat memberi keterangan terkait peluncuran bus listrik, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pemakaian daya tersebut hasil pemakaian dari pagi hingga malam dengan enam hingga tujuh rit, sehingga penumpang diharapkan tidak perlu khawatir bus kehabisan daya saat perjalanan.

Kelebihan yang ditawarkan armada bus listrik ini di antaranya fasilitas penumpang untuk mengisi daya di dalam bus, letak pengisian daya ini berada di masing-masing kursi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved