15 Kelompok Masyarakat Dapat Fasilitas Gratik Tarif Integrasi Antarmoda, Siapa Saja & Simak Caranya!

Komisi B DPRD DKI Jakarta memberikan rekomendasi kepada Pemprov DKI terkait tarif integrasi antarmoda Jak Lingko dengan tarif Rp10 ribu.

Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Rapat Komisi C DPRD DKI Jakarta terkait rapat lanjutan pembahasan tarif integrasi antarmoda Jaklingko, Selasa (14/6/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Komisi B DPRD DKI Jakarta memberikan rekomendasi kepada Pemprov DKI terkait tarif integrasi antarmoda Jak Lingko dengan tarif Rp10 ribu.

Dari empat poin rekomendasi, ada 15 kelompok masyarakat yang bakal diberikan fasilitas gratis tiket integrasi.

Di mana nantinya mereka bisa menikmati tarif integrasi yang diusulkan sebesar Rp10 ribu dan menghemat hingga Rp7.500 untuk tiga moda transportasi yakni Transjakarta, MRT dan LRT.

Lantas bagaimana ke-15 kelompok ini mendapatkan fasilitas tersebut?.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin menjelaskan bakal ada kartu JakLingko tersendiri khusus tarif integrasi ini.

Mereka yang masuk dalam 15 kelompok dapat mendaftar dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor telepon yang masih aktif untuk verifikasi.

Baca juga: Ratusan Pengemudi Jak Lingko KWK Jakarta Utara Disuntik Vaksin Covid-19, Sopir: Kaya Digigit Semut

"Dan ini akan dibandingkan dengan data base yang ada di Jakarta smart city dan juga didata Dukcapil untuk memastikan kesesuaian dengan 15 golongan yang mendapatkan tarif khusus tadi," katanya saat rapat di Komisi C DPRD DKI Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Bila valid, maka tiap individu yang masuk dalam kelompok masyarakat tersebut bisa menikmati tarif integrasi ini.

Adapun dalam pendaftaran tersebut, sistem bakal memilah warga yang ber-KTP DKI dan non DKI.

Sehingga pengguna tarif integrasi antarmoda JakLingko ini bakal terlihat berasal dari mana, apakah dari KTP DKI maupun non DKI.

Transportasi publik di wilayah Jakarta yakni Jak Lingko yang juga sudah beroperasi di beberapa wilayah di Jakarta Utara, Senin (8/7/2019)
Transportasi publik di wilayah Jakarta yakni Jak Lingko yang juga sudah beroperasi di beberapa wilayah di Jakarta Utara, Senin (8/7/2019) (TRIBUNJAKARTA.COM/AFRIYANI GANIS)

"Kami menjamin kerahasiaan data dan juga kami sudah terverifikasi di Kominfo. Jadi walaupun pendaftarannya tadi perlu memasukkan data pribadi, tapi yang kami laporkan itu hanya data summary. Jadi tidak ada data pribadi yang sampai keluar," jelasnya.

Komisi B DPRD DKI Setujui Tarif Integrasi Transjakarta, MRT dan LRT

DPRD DKI Jakarta setujui pembahasan tarif integrasi transportasi yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved