Apakah Serangan Jantung Bisa Diselamatkan? Yuk Ketahui Gejalanya

Serangan jantung bila tidak ditangani tepat bisa berujung fatal. Apakah serangan jantung bisa diselamatkan? Ketahui gejalanya

Tangkapan layar
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah Dr. med. dr. Denio A. Ridjab, Sp.JP (K), dalam pertemuan media secara daring bersama Heartology Cardiovascular Center, Selasa (14/6/2022). Ia menjelaskan mengenai serangan jantung adalah kondisi medis darurat yang terjadi ketika aliran darah di pembuluh darah jantung terganggu sehingga otot jantung mengalami kerusakan, atau disebut juga infark miokard. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Serangan jantung adalah kondisi medis darurat yang terjadi ketika aliran darah di pembuluh darah jantung terganggu sehingga otot jantung mengalami kerusakan, atau disebut juga infark miokard.

Penyebab utama kondisi ini adalah penyakit jantung koroner.

Jika tidak ditangani dengan tepat, serangan jantung bisa berujung fatal.

"Di Indonesia, prevalensi penyakit jantung sekitar 1,5 persen di 2018. Di amerika, penyebab 1/3 kematian pada usia diatas 35 tahun adalah serangan jantung. Apabila terjadi serangan jantung, tentu harus mencari rumah sakit yang tepat agar penanganan bisa dilakukan dengan tepat dan cepat," kata Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah Dr. med. dr Denio A. Ridjab, Sp.JP (K), dalam pertemuan media bersama Heartology Cardiovascular Center, Selasa (14/6/2022).

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Baca juga: Meninggal Karena Serangan Jantung, Putri Nurul Arifin Sempat Stres Karena Urusi Wisuda

Sedikitnya 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 orang di Indonesia menderita penyakit jantung, sehingga penyakit jantung koroner menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Oleh sebab itu, penanganan yang tepat dan cepat dibutuhkan untuk menangani masalah serangan jantung.

Ilustrasi Serangan Jantung
Ilustrasi Serangan Jantung (YOUR HEALTH SUPPORT)

Dr Denio mengatakan, terdapat beberapa gejala yang bisa saja dialami bagi penderita serangan jantung.

Sebagian besar, kata dia identik dengan gejala seperti nyeri dada, rasa tidak nyaman seperti tertekan, sensasi terbakar, sakit di dada sebelah kiri atau tengah, kemudian menjalar sampai ke punggung, rahang, dan lengan, hingga rasa nyeri yang memberat saat beraktivitas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved