Sebelum Diterapkan, Tarif Integrasi Transportasi Rp 10 Ribu Bakal Disosialisasikan Selama Dua Pekan

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal lakukan sosialisasi tarif integrasi transportasi selama dua minggu sebelum diimplementasikan.

Tribunnews/Jeprima
Bus listrik TransJakarta melintas di kawasan Jalan Jenderal Sudiman, Jakarta Selatan, Kamis (4/11/2021). Layanan uji coba bus listrik TransJakarta beroperasi lebih awal mulai pukul 05.00 hingga 21.30 WIB seiring pemberlakuan PPKM level 1 di Jakarta. Sebagai informasi, TransJakarta sejak tahun lalu mulai melakukan uji coba pengoperasian bus listrik di rutenya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal lakukan sosialisasi tarif integrasi transportasi selama dua minggu sebelum diimplementasikan.

Meski baru mendapatkan persetujuan dari Komisi B DPRD DKI, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menjabarkan mekanisme di lapangan.

Selama dua minggu, pihaknya bakal melakukan sosialisasi lebih dulu sebelum diterapkan.

Tujuannya agar masyarakat mengetahui adanya kebijakan tarif integrasi transportasi menjadi Rp 10 ribu untuk Transjakarta, MRT dan LRT.

"Setelah itu ada sosialisasi, setelah sosialiasi baru diimplementasikan. Biasanya kami lakukan sosialiasi dua minggu sebelum dilakukan implementasi," jelas Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Komisi C DPRD DKI Bakal Gelar Rapat Lanjutan Pembahasan Tarif Integrasi Transportasi menjadi Rp10

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu persetujuan dari pimpinan dewan lebih dulu.

Kemudian berlanjut ke eksekutif dan berakhir dengan terbitnya Keputusan Gubernur (Kepgub).

"Kami berharap bahwa setelah mendapatkan persetujuan dari dewan, tentu ada waktu lebih kurang dari satu minggu untuk proses penetapan keputusan gubernur," lanjutnya.

Rencana Implementasi

Implementasi tarif integrasi transportasi yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan terealisasi pada akhir Juni 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Gedung DPRD DKI Jakarta setelah mengantongi persetujuan dari Komisi B.

"Kami harapkan di akhir Juni ini sudah bisa dieksekusi ya, karena memang ini ditunggu oleh masyarakat dan tentu yang akan menerima manfaat juga masyarakat terkait tarif bundling," katanya di lokasi, Selasa (7/6/2022).

Proses evakuasi penumpang bus Transjakarta yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (9/5/2022).
Proses evakuasi penumpang bus Transjakarta yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (9/5/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Sayangnya, persetujuan tarif integrasi untuk tiga moda transportasi yakni Transjakarta, MRT, dan LRT menjadi Rp10 ribu ini masih harus melewati tahapan lanjutan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved