Antisipasi Virus Corona di Tangerang

Bupati Zaki Duga Varian Terbaru Covid-19 Sudah Masuk ke Kabupaten Tangerang, Ini Faktanya

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengakui kalau varian baru Covid-19 sudah masuk Kabupaten Tangerang.

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat ditemui untuk menutup tempat isolasi terpadu (isoter) di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/6/2022). Ia mengakui kalau varian baru Covid-19 sudah masuk ke Kabupaten Tangerang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengakui kalau varian baru Covid-19 sudah masuk Kabupaten Tangerang.

Varian baru tersebut yang sudah diidentifikasi oleh Kementerian Kesehatan adalah BA.4 dan BA.5.

Namun, adanya kasus itu tidak membuat Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan penanganan khusus.

"Varian ini (BA.4 dan BA.5) diduga sudah ada dan mungkin sudah masuk ke Kabupaten Tangerang. Tapi dampaknya sangat kecil," jelas Zaki di Hotel Yasmin, Rabu (15/6/2022).

Ia meminta warga Kabupaten Tangerang tidak menganggap terlalu remeh varian baru Covid-19 ini.

Baca juga: Kasus Melandai, Hotel Tempat Isolasi Terpadu Covid-19 di Kabupaten Tangerang Resmi Ditutup

Sebab, walau sudah divaksin lengkap tetap akan bisa tertular.

"Tapi karena daya imunitas daya tahan tubuh yang kuat jadi efek ke tubuhnya sangat kecil. Dengan lakukan isolasi mandiri di rumah empat sampai lima hari, virus ini mudah-mudahan bisa hilang," papar Zaki.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat ditemui untuk menutup tempat isolasi terpadu (isoter) di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/6/2022).
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat ditemui untuk menutup tempat isolasi terpadu (isoter) di Hotel Yasmin, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Rabu (15/6/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi menambahkan, kemungkinan masuknya varian baru itu dilihat dari adanya peningkatan kasus.

Dimana, dalam sepekan kemarin ditemukan sebanyak 98 kasus aktif Covid-19.

Pada sebelumnya sebanyak hanya ada 43 kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Kasus Covid di Jakarta Meningkat: Keterisian BOR di Rumah Sakit Rujukan Capai 4 Persen, ICU 5 Persen

"Kemungkinan masuknya varian baru dengan melihat adanya peningkatan kasus yang cukup signifikan. Tapi, memang kita tidak bisa pastikan berapa angka kasus Covid-19 varian baru yang masuk ke Kabupaten Tangerang," ujar Hendra.

Sebab, untuk mengetahui jenis varian baru itu, harus melalui proses pemeriksaan atau pengecekan melalui laboratorium yang merupakan kewenangan Kementerian Kesehatan.

"Dan untuk kasus aktif ini, tidak banyak yang dirawat, hanya satu sampai dua orang saja, sisanya isolasi di rumah, karena memang masa atau proses penyembuhannya sudah cepat," tuntas Hendra.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved