Presiden Jokowi Jalan Beriringan dengan 7 Ketum Parpol, Megawati Berkebaya Merah Marun Bawa Tongkat

Presiden Joko Widodo berjalan beriringan dengan tujuh Ketua Umum Partai Politik, termasuk ada sosok Megawati Soekarnoputri.

Editor: Elga H Putra
Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
(Kiri-kanan) Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022), jelang pelantikan menteri dan wakil menteri baru yang gabung dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Presiden Joko Widodo berjalan beriringan dengan tujuh ketua umum partai politik, termasuk ada sosok Megawati Soekarnoputri berkebaya merah marun membawa tongkat.

Selain Megawati, Jokowi turut berjalan beriringan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan di sisi kirinya.

Sedangkan di sisi kanan Jokowi, ada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Presiden Jokowi bersama ketujuh ketua umum partai politik itu berjalan beriringan di Istana Negara jelang reshuffle kabinet atau pengumuman dua menteri dan tiga wakil menteri pada Rabu (15/6/2022) siang.

Selain Megawati yang mengenakan kebaya merah marun dan membawa tongkat, para pria dalam foto itu mengenakan jas.

Baca juga: Inilah Foto 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf

Jokowi lantik dua menteri dan tiga wakil menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru pada hari ini, Rabu (15/6/2022).

Mereka adalah Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan.

Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto akan menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/BPN.

Presiden Joko Widodo berjalan beriringan dengan tujuh Ketua Umum Partai Politik, termasuk ada sosok Megawati Soekarnoputri yang mengenakan kebaya merah marun dan membawa tongkat.
Presiden Joko Widodo berjalan beriringan dengan tujuh Ketua Umum Partai Politik, termasuk ada sosok Megawati Soekarnoputri yang mengenakan kebaya merah marun dan membawa tongkat. (Youtube Sekretariat Presiden)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Lalu wamen yang dilantik adalah Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, Wamendagri John Wempi Watipo, dan Wamenaker Afriansyah Noor.

Pelantikan tersebut dilakukan pada pukul 13.30 WIB.

Baca juga: Sah, Ini Daftar 2 Menteri dan 3 Wamen Terbaru Kabinet Indonesia Maju yang Dilantik Presiden Jokowi

Mereka diambil sumpah di depan presiden, dan sejumlah elite partai lainnya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebelumnya mengatakan reshuffle sepenuhnya menjadi kewenangan presiden.
(Kiri-Kanan atas) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. (Kiri-kanan bawah) Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Mereka adalah menteri dan wakil menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).
(Kiri-Kanan atas) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. (Kiri-kanan bawah) Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Mereka adalah menteri dan wakil menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Kolase TribunJakarta.com)

Hal tersebut hak prerogatif presiden.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif presiden, mau ganti kapan saja ya terserah presiden," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6/2022) pagi.

Diketahui kabar reshuffle sejal kemarin lantaran sejumlah menteri dan wakil menteri dipanggil ke Istana Negara pada Selasa sore.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul  BREAKING NEWS Dua Menteri Baru Kabinet Jokowi Dilantik, Eks Panglima TNI dan Ketua Umum PAN
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved