Anies Baswedan Disarankan Pakai Program Ahok, Imbas Tebet Eco Park Membludak Bak Festival

Tujuannya, agar masyarakat tak berkerumun di satu taman, seperti Tebet Eco Park yang sempat didatangi oleh 60 ribu pengunjung dalam satu hari

Tribunnews/sumber lain
Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Ima Mahdiah beri dua saran untuk Pemprov DKI Jakarta pasca-ditutupnya Tebet Eco Park, Jakarta Selatan hingga akhir Juni 2022.

Pertama, ia mengusulkan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan program Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama selaku gubernur DKI sebelumnya.

Program yang dimaksud yakni Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dihadirkan di tiap kelurahan hingga lingkungan RW.

Tujuannya, agar masyarakat tak berkerumun di satu taman, seperti Tebet Eco Park yang sempat didatangi oleh 60 ribu pengunjung dalam satu hari akhir pekan.

"Sebetulnya program RPTRA itu seharusnya dilanjutkan saja dengan target 1 Kelurahan mempunyai 1 RPTRA, kalau bisa sampai 1 RW mempunyai 1 RPTRA. Sehingga masyarakat tidak perlu terkonsentrasi di 1 taman saja," ujar ma saat dihubungi TribunJakarta.com, Jumat (17/6/2022).

Namun, bila merujuk pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) DKI Jakarta periode 2018-2022, Anies Baswedan tak mencantumkan RPTRA.

Baca juga: Tebet Eco Park Viral hingga Dikeluhkan Warga, Jumlah Pengunjung Bakal Dibatasi

Sebab ia menggantinya dengan nama Taman Maju Bersama (TMB) serta Taman Pintar.

Kedua, mengusuljan jam operasional di taman kota. Pelonggaran jam operasional dinilainya bakal menambah opsi masyarakat, sehingga tak terkonsentrasi pada satu taman kota saja.

"Di Jakarta sebetulnya banyak taman tapi tidak semuanya beroperasi penuh selama pandemi ini. Contohnya Lapangan Banteng, jam 17.00 WIB itu di hari kerja sudah harus tutup, padahal saya lihat banyak masyarakat yang baru selesai kerja ingin berolahraga. Seharusnya jam operasional dilonggarkan saja sampai malam, sehingga masyarakat bisa mengatur waktu untuk beraktivitas di taman-taman tersebut," pungkasnya.

Didatangi 60 Ribu Pengunjung, Anies Sebut Tebet Eco Park Mirip Festival Ketimbang Taman Kota

Dalam satu hari, Tebet Eco Park, Jakarta Selatan pernah didatangi 60 ribu pengunjung atau jauh di atas kapasitas taman kota tersebut.

Tebet Eco Park ramai pengunjung pada Sabtu (30/4/2022) pagi. (1)
Tebet Eco Park ramai pengunjung pada Sabtu (30/4/2022) pagi. (1) (Pebby Ade Liana/TribunJakarta.com)

Hal ini diungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Instagram pribadinya (@aniesbaswedan).

"Namun, jumlah warga yang datang ke Tebet Eco Park sedemikian tinggi hingga taman dan wilayah sekitarnya menjadi amat padat. Taman yang dirancang berkapasitas 8-10 ribu, pernah kedatangan 60 ribu warga dalam satu hari di akhir pekan," ucapnya dikutip TribunJakarta.com, Kamis (16/6/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved