Pilpres 2024

32 DPW NasDem Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres, Pengamat: NasDem butuh Anies, Anies butuh NasDem

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyebut Anies Baswedan dan Partai NasDem saling membutuhkan.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Ketua Umum NasDem, Surya Paloh di kantor DPP NasDem Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyebut Anies Baswedan dan Partai NasDem saling membutuhkan.

Pernyataan ini menyusul mama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling banyak diusulkan dewan pimpinan wilayah (DPW) Partai NasDem sebagai capres untuk diusung pada Pilpres 2024 nanti.

Menurut Ujang, tingginya elektabilitas Anies menjadi daya tarik sendiri bagi NasDem.

Sedangkan Anies membutuhkan NasDem sebagai kendaraan politik menuju Pilpres 2024.

"Ya bagusnya memang NasDem mengusulkan Anies karena Anies memiliki elektabilitas yang lumayan tinggi. Lalu juga bisa berefek positif pada NasDem," ucapnya saat dikonfirmasi, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: Usai NasDem Usung Anies Baswedan, Besok PKS Juga Gelar Rapimnas, Bakal Usulkan Nama Gubernur DKI?

Orang nomor satu di DKI Jakarta ini turut dianggap sebagai sosok yang dekat dengan NasDem.

Ia menyebut Anies pernah menjadi pendiri NasDem sebelum menjadi partai.

Foto tiga bakal Capres 2024 hasil Rakernas Partai NasDem yakni Ganjar Pranowo, Jenderal Andika Perkasa dan Anies Baswedan, ditampilkan di panggung dalam penutupan Rakernas Partai NasDem di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).
Foto tiga bakal Capres 2024 hasil Rakernas Partai NasDem yakni Ganjar Pranowo, Jenderal Andika Perkasa dan Anies Baswedan, ditampilkan di panggung dalam penutupan Rakernas Partai NasDem di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). (Tribunnews.com/Reza Deni)

"Bagusnya memang seperti itu. Jadi capresnya bisa Anies, cawapresnya bisa bisa dari partai koalisi yang lain, karena NasDem butuh Anies, Anies butuh NasDem," lanjutnya.

"Ya saya melihatnya kalau ingin aman ingin bagus naik Anies ya yang perlu didukung. Saya melihatnya seperti itu dibandingkan dua capres lainnya. Mungkin saja NasDem akan mendapatkan efek elektoral dari pencalonan Anies itu. Kita lihat dari 3 yang diusulkan mungkin hanya Anies yang bisa dianggap menaikan elektoralnya NasDem. Tapi itukan perlu diuji, tapi saya melihatnya seperti itu ya," pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved