Formula E

Tolak Usul Kapolda Metro Fadil Imran Gelar Street Race di JIEC, Sahroni: Khusus Roda Empat

Ketua Pelaksana Formula E Sahroni menolak rencana Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran yang ingin menggelar street race di JIEC.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino/Yusuf Bachtiar
Kolase Foto Street Race Polda Metro Jaya dan Ahmad Sahroni. Ketua Pelaksana Formula E Sahroni menolak rencana Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran yang ingin menggelar balapan jalanan atau street race di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Pelaksana Formula E Sahroni menolak rencana Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran yang ingin menggelar balapan jalanan atau street race di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Politisi NasDem ini pun menyinggung soal regulasi lintasan balap yang dikeluarkan oleh Badan Otomotif Dunia (FIA).

"Sebenarnya kita appreciate juga terhadap Kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi, ini ada regulasi dari homologasi FIA," ucapnya di Balai Kota, Jumat (24/6/2022).

"Ada grade 3 yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat," sambungnya menjelaskan.

Karena adanya regulasi tersebut, maka sirkuit yang terletak di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara itu tak bisa digunakan untuk balap motor atau kendaraan roda dua.

Baca juga: Putri Unyil, Joki Cantik Cikarang yang Bikin Geger Street Race Meikarta, Sempat Ditolak Keluarga

Walau demikian, anggota DPR RI ini memastikan pihaknya bakal berkolaborasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menggelar balap mobil di JIEC.

"Jadi, kami tidak berlakukan (balapan) roda dua untuk sirkuit tersebut, karena ini untuk mobil. Ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit ini hanya untuk kendaraan roda empat," ujarnya.

Street Race Polda metro Jaya di Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (19/6/2022).
Street Race Polda metro Jaya di Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (19/6/2022). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

"Pelaksanaan balap mobil mungkin kami akan realisasikan, nanti juga ada kegiatan dengan IMI," sambungnya menjelaskan.

Dilansir dari Kompas.com, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran berencana ingin meminjam Sirkuit Formula E untuk dipakai sebagai lintasan street race berikutnya.

"Kami berencana menggelar street race secara kontinyu dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi wadah bagi para pembalap liar untuk bisa menuangkan hobi mereka," ujar Fadil, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: Street Race di Meikarta Dinilai Seru Tapi Buat Pembalap Kurang Fokus: Banyak Ibu yang Nonton Konser

Dia menilai Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara merupakan lokasi yang lebih nyaman bagi pembalap sehingga pihaknya berkeinginan untuk dapat menggelar ajang street race di lokasi itu.

"Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race," ucap Fadil.

25 VERGNE Jean-Eric (fra), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, 48 MORTARA Edoardo (swi), ROKiT Venturi Racing, Mercedes-EQ Silver Arrow 02, 09 EVANS Mitch (nzl), Jaguar TCS Racing, Jaguar I- Tipe 5, aksi pada Jakarta ePrix 2022, pertemuan ke-6 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA 2021-22, di Sirkuit e-Prix Internasional Jakarta dari 2 hingga 4 Juni, di Jakarta -
25 VERGNE Jean-Eric (fra), DS Techeetah, DS E-Tense FE21, 48 MORTARA Edoardo (swi), ROKiT Venturi Racing, Mercedes-EQ Silver Arrow 02, 09 EVANS Mitch (nzl), Jaguar TCS Racing, Jaguar I- Tipe 5, aksi pada Jakarta ePrix 2022, pertemuan ke-6 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA 2021-22, di Sirkuit e-Prix Internasional Jakarta dari 2 hingga 4 Juni, di Jakarta - (Foto Bastien Roux / DPPI Bastien Roux / DPPI melalui AFP)

Fadil juga berencana menggelar kompetisi road race di Sirkuit Formula E Jakarta, tidak hanya sebatas drag race yang selama ini dipertandingkan pada ajang street race seri satu hingga tiga.

"Mudah-mudahan Jakpro mendengarkan ini dan juga disetujui oleh pemerintah daerah provinsi,” kata Fadil.

“Ke depan Mas Rifat bersama IMI, tentunya bukan hanya drag race, tapi juga ada road race. Karena saya lihat lumayan itu kalau lintasan yang ada di Formula E kemarin bisa dipakai," tutur dia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved