Cerita Kriminal

Ini Siasat Pasutri Bawa Kabur 6 Mobil Rental di Jaksel: Mengaku Kontraktor Jadi Andalan

Pasutri berinisial DA (42) dan SJ (34) meraup ratusan juta Rupiah seusai melakukan penipuan di sejumlah rental mobil di Jaksel.

Annas Furqon Hakim/TribunJakarta.com
Kolase foto pasutri tersangka penipuan dengan foto mobil rental. Pasutri tersebut berinisial DA (42) dan SJ (34) meraup ratusan juta Rupiah seusai melakukan penipuan di sejumlah rental mobil di Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PESANGGRAHAN - Modus gadai mobil sewaan, pasangan suami istri (pasutri) berinisial DA (42) dan SJ (34) meraup ratusan juta Rupiah seusai melakukan penipuan di sejumlah rental mobil di Jakarta Selatan (Jaksel).

Kedua pelaku menyewa mobil di rental yang menjadi target penipuan, lalu menggadaikan dengan harga beragam.

Kapolsek Pesanggrahan Kompol Nazirwan mengatakan, pasutri tersebut mengaku sebagai kontraktor saat menjalankan aksinya. Profesi kontraktor menjadi andalan kedua pelaku dalam beraksi.

"Berdasarkan informasi yang kita terima, mereka ini pedagang. Jadi kalau di rental itu mereka bilangnya kontraktor, pengusaha. Pada intinya mereka adalah pedagang," kata Nazirwan di Polsek Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

Saat ini, jelas Nazirwan, polisi masih mendalami peran masing-masing pelaku saat menipu korbannya.

Baca juga: Bawa Kabur 6 Mobil Rental di Jaksel Dalam 1,5 Bulan, Pasutri Ini Raup Untung hingga Rp 100 Juta

"Mereka berusaha meyakinkan untuk yang menjadi korbannya. Jadi datang tidak sendiri, datang dengan pasangannya, istrinya. Datang dengan meyakinkan korban," tutur dia.

Hanya dalam kurun waktu sekitar 1,5 bulan sejak 30 Mei hingga 9 Juni, pasutri itu membawa kabur 6 unit mobil sewaan.

Kedua pelaku beraksi di sejumlah rental mobil, salah satunya di Jalan Kesehatan, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Barang bukti yang kita amankan 1 mobil Mitsubishi Xpander dengan nopol B 2816 SJD warna hitam, 1 Avanza Veloz nopol B 1464 WOC warna putih, 1 Toyota Avanza nopol B 1725 WOC warna putih," kata Nazirwan.

"Kemudian 1 mobil suzuki Ertiga nopol B 1778 POS warna putih, 1 mobil Suzuki Ertiga bernopol B 1316 PNT warna hitam, terakhir 1 mobil Datsun nopol B 2207 BYY warna hitam," tambahnya.

Pasangan suami istri (pasutri) yang ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan modus menggadaikan mobil sewaan saat dihadirkan di Polsek Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).
Pasangan suami istri (pasutri) yang ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan modus menggadaikan mobil sewaan saat dihadirkan di Polsek Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022). (Annas Furqon Hakim/TribunJakarta.com)

Nazirwan mengatakan, pelaku menggadaikan mobil sewaan seharga Rp 15-22 juta per unit.

"(Keuntungan pelaku) kalau dihitung dengan unit yang diamankan bisa sampai Rp 100 juta," ucap Nazirwan.

Nazirwan mengungkapkan, DA dan SJ memilih rental mobil yang menjadi target penipuan secara acak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved