Breaking News:

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Tjahjo Kumolo Wafat, Ini Sosoknya: Dipercaya Megawati Soekarnoputri Pegang Jabatan Penting di PDIP

Semasa hidupnya, Tjahjo Kumolo pernah dipercaya Megawati Soekarnoputri memegang jabatan penting di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Editor: Elga H Putra
Kolase Tribun Jakarta
Semasa hidupnya, Tjahjo Kumolo pernah dipercaya Megawati Soekarnoputri memegang jabatan penting di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Semasa hidupnya, Tjahjo Kumolo pernah dipercaya Megawati Soekarnoputri memegang jabatan penting di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu terjadi pada tahun 2010 silam kala dia masih menjabat sebagai Anggota DPR RI.

Saat itu, Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal PDIP periode 2010-2015.

Sebelumnya Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Saat itu, Tjahjo Kumolo menjabat Sekjen PDIP mengantikan Pramono Anung.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Anak Sulung: Habis Ashar Dimakamkan

Jabatan sebagai Sekjen PDIP itu dilepas Tjahjo Kumolo saat dirinya dipercaya Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada tahun 2014 silam,

Jabatan Sekjen PDIP kemudian digantikan oleh Hasto Kristiyanto.

Selama menjadi Anggota DPR, Tjahjo Kumolo berasal dari wilayah pemilihan Jawa Tengah I.

Meninggal pada Jumat (1/7/2022) siang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo sempat dirawat di rumah sakit karena ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.
Semasa hidupnya, Tjahjo Kumolo pernah dipercaya Megawati Soekarnoputri memegang jabatan penting di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). (Kolase Tribun Jakarta)

Saat itu Tjahjo Kumolo menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Profil Tjahjo Kumolo

Baca juga: BREAKING NEWS Kabar Duka Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia di RS Abdi Waluyo

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957.

Ia adalah seorang politikus Indonesia yang dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai menteri di dua periode pemerintahannya.

Saat ini Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Menpan RB RI, Tjahjo Kumolo saat menceritakan pengalaman terakhir bersama mendiang Wakil Jaksa Agung, Arminsyah pada Sabtu (4/4/2020).
Semasa hidupnya, Tjahjo Kumolo pernah dipercaya Megawati Soekarnoputri memegang jabatan penting di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). (TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas)

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved