Dikira Sama karena Sebabkan Lumpuh di Wajah, Ini Beda Gejala Sindrom Ramsay Hunt dan Bell's Palsy

Sindrom Ramsay Hunt dan juga Bell's Palsy merupakan dua penyakit yang kerap disama artikan.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Elga H Putra
freepik
Ilustrasi sakit. Sindrom Ramsay Hunt dan juga Bell's Palsy merupakan dua penyakit yang kerap disama artikan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sindrom Ramsay Hunt dan juga Bell's Palsy merupakan dua penyakit yang kerap disama artikan.

Meski sama-sama disertai gejala kelumpuhan pada bagian wajah, namun keduanya adalah jenis penyakit yang berbeda.

Dokter Tuti Suwirno Zacharia, Sp.S dari Eka Hospital BSD menjelaskan, Sindrom Ramsay Hunt terjadi akibat komplikasi cacar api atau biasa disebut herpes zoster yang disebabkan oleh virus cacar air atau cacar api bernama varicella-zoster.

Virus ini diyakini menginfeksi saraf wajah yang terletak di dekat telinga bagian dalam, sehingga mengakibatkan terjadinya iritasi dan pembengkakan pada saraf tersebut.

"Kondisi ini terjadi ketika seseorang telah sembuh dari cacar air atau api, namun virus masih tersisa di dalam saraf dan berada dalam fase tertidur. Apabila sistem imun tubuh melemah, virus dapat kembali aktif dan menyebabkan gejala sindrom Ramsay Hunt tersebut," kata dia dikutip dalam keterangan pers Eka Hospital, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Ruben Onsu Akhirnya Buka Rahasia Penyakit Parah yang Diidap, Ternyata Sarwendah Alami Hal Sama

Meskipun pada beberapa kasus sindrom ini terjadi pada anak-anak, namun kata dia sindrom ini banyak ditemukan pada pasien dewasa, baik laki-laki ataupun perempuan.

Gejalanya, antara lain seperti munculnya ruam kemerahan yang terasa nyeri dengan bintil berisi cairan di dalam dan sekitar telinga, juga disertai dengan kondisi lumpuh pada bagian wajah.

Selain itu gejala lanjutan dari sindrom ini seperti sakit telinga, pendengaran memburuk, telinga berdengung, kesulitan menutup salah satu mata, vertigo, perubahan indera pengecap serta mata kering.

Berbeda dengan Sindrom Ramsay Hunt, Bell’s Palsy merupakan kelumpuhan yang terjadi pada salah satu sisi otot wajah sehingga salah satu sisi wajah tampak melorot secara tiba-tiba.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved