Dua Tahun Ditiadakan Gara-gara Covid-19, Lapas Kelas IIA Bekasi Buka Kunjungan Tatap Muka

Selama ditiadakan kunjungan, narapidana Lapas Kelas IIA Bekasi hanya diperbolehkan komunikasi secara virtual melalui telepon. 

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Sejumlah anggota keluarga melakukan kunjungan napi secara tatap muka di Lapas Kelas IIA Bekasi di Jalan Pahlawan Bulak Kapal, Rabu (6/7/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Dua tahun ditiadakan gara-gara Covid-19, Lapas Kelas IIA Bekasi buka kembali kunjungan narapidana secara tatap muka, Rabu (6/7/2022).

Pantauan TribunJakarta.com, sejumlah narapidana tampak bahagia berjumpa secara langsung dengan keluarganya.

Kepala Lapas Kelas IIA Bekasi Hensah mengatakan, program kunjungan tatap muka dibuka sesuai instruksi Dirjen Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

"Setelah dua tahun lebih, kita tidak menerima kunjungan tatap muka dari keluarga warga binaan sekarang sudah bisa kita laksanakan kunjungan tatap muka," kata Hensah.

Baca juga: Cegah Napi Kendalikan Bisnis Narkoba, Lapas Narkotika Jakarta Copot Instalasi Listrik Blok Tahanan

Untuk sementara, kunjungan keluarga napi masih dilaksanakan secara terbatas. Mereka yang diperbolehkan datang hanya keluarga inti. 

"Di surat edaran bapak Dirjen disampaikan yang berhak mengunjungi sementara ini hanyalah keluarga inti yaitu orang tua kandung atau anak kandung, kakak atau adik," jelasnya.

Petugas sipir melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan keluarga yang melakukan kunjungan napi secara tatap muka di Lapas Kelas IIA Bekasi di Jalan Pahlawan Bulak Kapal, Rabu (6/7/2022).
Petugas sipir melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan keluarga yang melakukan kunjungan napi secara tatap muka di Lapas Kelas IIA Bekasi di Jalan Pahlawan Bulak Kapal, Rabu (6/7/2022). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Jumlah pengunjung pun dibatasi, tiap napi hanya boleh bertemu maksimal dua orang setiap kunjungan.

"Jam kunjungan kita ada dua sesi, pertama itu jam 9 sampai jam 11 kemudian sesi keduanya jam 13- 15 dari hari senin sampai kamis," paparnya.

Selama ditiadakan kunjungan, narapidana Lapas Kelas IIA Bekasi hanya diperbolehkan komunikasi secara virtual melalui telepon. 

Muhamad Arifin salah satu narapidana Lapas Kelas IIA Bekasi mengaku, sangat bahagia dengan dibukanya kunjungan tatap muka.

Selama ini menjalani hukuman di penjara, Arifin baru kali ini bertatap muka dengan ibunda tercinta. 

"Saya sudah jalanin sekitar setahun setengah, baru hari ini ketemu ibu saya sama keponakan saya," kata Arifin.

Baca juga: Kisah Napi Teroris Ngumpet di Bak Saat Kebakaran Lapas Tangerang, Sempat Selamat Meski Kulit Meleleh

Terpidana kasus narkoba ini menambah, selama kunjungan ditiadakan ia hanya bisa berkomunikasi melalui telefon yang disediakan lapas tiap pagi hari.

"Biasanya lewat telepon, setiap pagi cuma kan gantian. Pas ada kegiatan kunjungan tatap muka makanya saya langsung daftar," tegas dia. 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved