Iduladha 1443 H

Baznas Bazis DKI Jakarta Beberkan Kerja Sama dengan Pemprov pada Iduladha Tahun Ini

Kerja sama Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta pada Iduladha tahun ini takni penyaluran hewan kurban dalam bentuk kaleng

Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Ketua Baznas (Bazis) DKI, Akhmad H. Abubakar menyerahkan penghargaan Muzaki Istimewa Award 2022 di Balai Kota DKI, Kamis (7/4/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Ketua II Bidang Distribusi dan Pendayagunaan Baznas (Bazis) DKI Jakarta, Saat Suharto Amjad ungkap kerja sama pihaknya dengan Pemprov DKI Jakarta untuk Iduladha tahun ini.

Kerja sama Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta pada Iduladha 1443 H tahun ini takni penyaluran hewan kurban dalam bentuk kaleng ke masyarakat.

"Pada lebaran haji ini kita menyalurkan hewan korban dari masyarakat dalam bentuk kaleng. Sedangkan kami merencanakan untuk membuat dapur kurban yakni hewan qurban dari beberapa perusahaan yang berkomitmen di bagikan dalam bentuk masakan kepada panti-panti dan masyarakat," ujarnya saat dihubungi, Rabu (6/7/2022) malam.

Untuk panti, pihaknya merencanakan di masak di tujuh lokasi hotel dan dua restoran.

Tentunya hotel dan restoran ini yang sudah terkonfirmasi ikut andil dalam kegiatan penyaluran daging kurban. Sehingga penyalurannya bisa dibagikan via boks.

"Sedangkan sebagiannya lagi kami akan bekerjasama dengan 27 pedagang Mie, Soto Bakso Solo untuk dimasak dan masyarakat yang mendapat voucher SBM (Semua Bisa Makan) boleh makan gratis di kios tersebut. Voucher dibagikan kepada penerima manfaat  dan sebagian kepada masyarakat yang hadir," pungkasnya.

Baca juga: Tahun Ini, Baznas Bazis DKI Targetkan ZIS Capai Rp222 Miliar

Diwartakan sebelumnya, Baznas Bazis DKI Jakarta targetkan 1.000 ekor hewan kurban pada Iduladha tahun ini.

Adapun pembagian hewan kurban bakal dilakukan secara simbolis usai pelaksanaan salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

"Tahun ini, kita targetkan 1000 ekor hewan kurban. Ikhitiar kita dengan kolaborasi dan mendidik warga. Kita berkolaborasi dengan BUMD, Korpri atau elemen masyarakat lain. Kita juga akan membuka kolaborasi dengan individu dan kelompok masyarakat agar target ibadah kurban bisa mencapai 1000 ekor," ujar Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar kepada awak media, Jumat (24/6/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan kornet dan rendang kalengan yang diolah dari daging hewan kurban.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan kornet dan rendang kalengan yang diolah dari daging hewan kurban. (Instagram @aniesbaswedan)

Mengusung tema kurban semakin istimewa, pembagian hewan kurban ini direncanakan bakal dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Keduanya diagendakan bakal menyerahkan hewan kurban kepada warga Jakarta.

"Hewan kurban yang kita targetkan itu akan kita distribusikan dalam bentuk daging kaleng, hewan hidup dan dalam bentuk daging segar yang sudah dipotong," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Program Kurban Semakin Istimewa TB Fadillah mengatakan tak ada pemotongan hewan di JIS.

JIS hanya digunakan untuk secara simbolis penyerahan hewan kurban usai salat Iduladha.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK, 233.370 Kasus Aktif Tersebar di 22 Provinsi

Selanjutnya, kehadiran Presiden Jokowi dan Anies dikatakannya masih sekedar rencana.

Lantaran pihaknya masih perlu melakukan rapat lanjutan.

"Ya betul, pas hari-H nanti ada simbolis penyerahan. Kemungkinan nanti ada beberapa kegiatan ceremony yang InsyaAllah akan coba ditampilkan. Cuma itu masih sifat rapat awal. Kami enggak tahu itu jadi atau tidak (termasuk kehadiran Jokowi dan Anies)," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved