Viral di Medsos

Bocah Citayam & Depok Serbu Kawasan Dukuh Atas, Anies Baswedan Beri Reaksi Tak Biasa: Silakan Datang

Anies Baswedan menyoroti fenomena remaja dari pinggiran Kota Jakarta yang kerap nongkrong di kawasan Dukung Atas dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman

TribunJakarta/Pebby Ade Liana dan SATRIO SARWO TRENGGINAS
Fenomena bocah Citayam dan Bojonggede yang nongkrong di Jakarta sedang viral akhir-akhir ini. Anies Baswedan menyoroti fenomena remaja dari pinggiran Kota Jakarta yang kerap nongkrong di kawasan Dukung Atas dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti fenomena remaja dari pinggiran Kota Jakarta, seperti Citayam, Bekasi, Depok, dan Bojonggede yang kerap nongkrong di kawasan Dukung Atas dan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Orang nomor satu di ibu kota ini pun mengistilahkan fenomena ini dengan sebutan demokrasi Jalan Jenderal Sudirman.

"Sebahak sebuah pengalaman, siapa saja silakan datang. Saya mengistilahkan demokrasi Jalan Jenderal Sudirman," ucapnya di kawasan Thamrin Nine, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2022).

Gubernur Anies Baswedan pun tak mempersoalkan banyaknya bocah Citayam yang menyerbu kawasan tersebut.

Menurutnya, siapa saja boleh menikmati keindahan wajah baru Kota Jakarta, termasuk warga yang tinggal di sekitar ibu kota.

Baca juga: Terowongan Kendal Jadi Tempat Favorit Nongkrong Remaja Depok & Citayam, Dinas LH Terjunkan Petugas

"Enggak harus yang secara sosial ekonomi menengah ke atas. Justru, demokratisasi yang terjadi di tempat ini siapa saja bisa menikmati," ujarnya.

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, kawasan Sudirman sebelumnya hanya diisi oleh para pekerja yang bekerja di sekitar daerah itu saja.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditanya terkait pengusungan sebagai calon presiden pada pemilu 2024 oleh 32 DPW Partai NasDem, Anies ditemui usai menghadiri Rakernas JATTI, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Pemandangan ini pun perlahan diubah Anies.

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu, ia getol melakukan revitalisasi di daerah itu.

Kawasan Dukuh Atas pun disulap menjadi kawasan transit berbagai moda transportasi umum sehingga memudahkan warga dari luar daerah menjangkau wilayah tersebut.

"Apa yang terjadi setelah dibangunnya trotoar? Trotoarnya sangat lebar yang sesungguhnya terjadi adalah bukan saja mereka yang bekerja di kawasan ini yang bisa berjalan kaki leluasa, tapi seluruh warga Jabodetabek bisa menikmati jalan dengan pemandangan gedung-gedung tinggi satu-satunya di republik ini," tuturnya.

Saat merancang trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Pemprov DKI pun tak asal melakukan revitalisasi.

Fenomena maraknya ABG alias bocah Citayam dan Bojonggede nongkrong di kawasan Stasiun BNI City Dukung Atas, viral di media sosial dan jadi perbincangan warganet. Bocah asal Citayam juga banyak yang menyerbu kawasan Sudirman, Jakarta.
Fenomena maraknya ABG alias bocah Citayam dan Bojonggede nongkrong di kawasan Stasiun BNI City Dukung Atas, viral di media sosial dan jadi perbincangan warganet. Bocah asal Citayam juga banyak yang menyerbu kawasan Sudirman, Jakarta. (Tiktok @radita.pradana)

Sejumlah pihak, seperti Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) hingga komunitas skateboard diajak berunding untuk merancang kawasan tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved