Iduladha 1443 H

Masjid Istiqlal Tak Gelar Pembagian Daging Kurban untuk Masyarakat, Tapi Disalurkan Lewat ke Sini

Nantinya, sebagian hewan kurban yang diserahkan akan disembelih secara langsung di Masjid Istiqlal dan sebagian lagi akan disalurkan secara hidup

Kompas.com
Warga mengantre pembagian daging kurban di Masjid Istiqlal 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Masjid Istiqlal Jakarta tak menggelar pembagian daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan, pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini Masjid Istiqlal hanya akan menerima penyaluran hewan kurban dari masyarakat.

Selanjutnya, daging kurban tersebut akan kembali disalurkan kepada masjid-masjid dan juga yayasan di sekitaran Jakarta.

"Insha Allah Istiqlal seperti tahun lalu, tidak akan ada pembagian daging. Yang ada hanya penerimaan hewan. Hewan itu akan kita serahkan ke masjid-masjid yang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan baik pengurusnya maupun masjidnya," kata Nasaruddin Umar, Kamis (7/7/2022).

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Peribadatan KH Bukhori Sail Attahiri mengatakan, penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal tidak dilaksanakan pada Minggu 10 Juli 2022.

Melainkan, penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada hari Senin (11/7/2022).

Baca juga: Tinggalkan Kantong Plastik, Pembagian Ribuan Daging Kurban di Kepulauan Seribu Pakai Bongsang

Nantinya, sebagian hewan kurban yang diserahkan akan disembelih secara langsung di Masjid Istiqlal dan sebagian lagi akan disalurkan secara hidup ke beberapa yayasan.

"Jadi kita akan sembelih hewan kurban pada hari Seninnya dari pagi sampao sore, dan seperti yang disampaikan imam besar kita akan bagikan hewan kurban itu sebagian besar hidup-hidup kepada lembaga-lembaga dan instansi yang memang sudah kota teliti. Tetapi sebagian kita sembelih di sini," kata dia.

Presiden Jokowi dan Para Meteri Salat Iduladha di Masjid Istiqlal 

Presiden RI Joko Widodo atau Presiden Jokowi melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019). Di saf terdepan, Presiden Jokowi didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nassarudin Umar.
Presiden RI Joko Widodo atau Presiden Jokowi melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019). Di saf terdepan, Presiden Jokowi didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta Imam Besar Masjid Istiqlal Nassarudin Umar. (Tribunnews/Jeprima)

Masjid Iqtiqlal Jakarta bakal menggelar Salat Iduladha 1443 H pada 10 Dzulhijjah, yang jatuh pada Minggu (10/7/2022) mendatang.

Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar mengatakan keputusan ini sesuai dengan sidang isbat mengenai pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah tahun ini.

Rencananya, gelaran Salat Iduladha ini akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden Maruf Amin, dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Mengikuti keputusan pemerintah melalui sidang isbat mengenai pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal melangsungkan shalat Idul Adha pada Ahad, 10 Juli 2022," kata Nasaruddin Umar, Kamis (7/7/2022).

Ia mengatakan, selain dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden dan para menteri, salat Idul Adha di Masjid Istiqlal juga rencananya akan dihadiri oleh pimpinan dan pejabat kementerian serta lembaga negara, dan duta besar negara-negara sahabat.

Dan gelaran Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal ini akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Baca juga: Anies Baswedan dan Ariza Bakal Salat Iduladha dan Berkurban di JIS

Meski hadir Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin, masyarakat umum juga dipersilakan melakuksanakan Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. 

Ia pun mengimbau kepada setiap masyarakat yang ingin melangsungkan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, untuk datang lebih pagi agar bisa mendapat shaf di dalam area masjid.

"Pelaksanaan shalat Idul Adha tahun ini bisa diikuti oleh jamaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Apabila jamaah umum mau mengikuti shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, bisa datang lebih pagi supaya mendapatkan shaf di dalam gedung masjid," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved