Penemuan Bayi di Kali Ciliwung

Tersangka Pembuangan Bayi di Kali Ciliwung Telah Menikah: Bayinya Miliki Akta Kelahiran dan KIA

Disdukcapil Jakarta Timur pastikan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA) milik bayi MS sudah diterbitkan

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
MS (19), tersangka mahasiswi pembuangan bayi dan kekasihnya, NL, menunjukan buku nikah usai pernikahan di kantor Polres Metro Jakarta Timur, Kamis (7/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA -  Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Timur pastikan akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA) milik bayi MS, tersangka pembuangan bayi di Kali Ciliwung sudah diterbitkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Timur Novan usai  menghadiri pernikahan MS dengan kekasihnya, NL di Mapolres Metro Jakarta Timur.

"Jadi dengan adanya pernikahan ini automatis, status pada KTP berubah, dari belum kawin menjadi kawin.  Kemudian juga kartu keluarganya berubah ya, automatis Pak Naufal (NL) ini punya kartu keluarga sendiri, dengan istri dan anaknya," ucapnya di lokasi, Kamis (7/7/2022).

"Kemudian karena sudah ada anak, maka hari ini kami juga memberikan kartu identitas anak, dan akta kelahirannya. Hari ini sudah kami siapkan semua, tadi sudah kami serahkan ke Pak Adi selaku tokoh masyarakat di Kampung Pulo," sambungnya.

Dengan terbitnya akta kelahiran dan KIA ini, maka secara otomatis kartu keluarga (KK) milik MS dan NL telah diurus oleh pihak Dukcapil.

"Jadi kami datang kemari melakukan tugas. Kami selaku kebijakan sipil ya. Sudah ada, KIA sudah ada, KK orangtuanya sudah ada," pungkasnya.

Suasana haru menyelimuti lantai enam Polres Metro Jakarta Timur saat pernikahan mahasiswi berinisial MS (19), pelaku pembuangan bayi di Kali Ciliwung.

Baca juga: Kuasa Hukum hingga DPRD DKI Upayakan Keluarga Pembuang di Bayi Kali Ciliwung Tetap Tinggal di Rusun

MS yang kini berstatus tersangka karena membuang bayinya berjenis kelamin perempuan menikah dengan kekasihnya, NL di Mapolres Metro Jakarta Timur pada Kamis (7/7/2022) siang.

Mengenakan kebaya berwarna putih, MS tampak anggun ketika proses akad nikah yang disaksikan sejumlah pihak keluarga serta puluhan anggota Polres Metro Jakarta Timur

Sementara NL mempelai pria mengenakan jas hitam dan peci ketika, proses akad nikah berlangsung dengan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Budi Sartono sebagai saksi.

Sementara penghulu dari pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur berlangsung lancar dan khusyuk meski diadakan secara sederhana.

Berulang kali MS yang dijerat Pasal 305 KUHP, jo Pasal 306 KUHP, Pasal 307 KUHP, dan Pasal 80 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak tampak harus menyeka air matanya saat proses akad nikah

"Saya nikahkan dan saya kawinkan putri kandung saya dengan mas kawin cincin emas cincin emas dibayar tunai," kata ayah MS, AM (49) saat proses ijab kabul di Mapolres Metro Jakarta Timur, Rabu (7/7/2022).

MS (19), tersangka mahasiswi pembuangan bayi dan kekasihnya, NL, menunjukan buku nikah usai pernikahan di kantor Polres Metro Jakarta Timur, Kamis (7/7/2022).
MS (19), tersangka mahasiswi pembuangan bayi dan kekasihnya, NL, menunjukan buku nikah usai pernikahan di kantor Polres Metro Jakarta Timur, Kamis (7/7/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved