Breaking News:

Siapa Shinzo Abe Pemimpin Berpengaruh Jepang yang Tewas Ditembak di Jalan? Ini Profil Shinzo Abe

Dalam Profil Shinzo Abe, dia pernah jadi juru runding utama pemerintah Jepang atas nama keluarga-keluarga Jepang yang diculik ke Korea Utara.

NHK/Richard Susilo/Twitter (jokowi)
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tampak tergeletak di jalan usai ditembak orang tak dikenal saat sedang memberikan pidato di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022) pukul 11.30 waktu setempat. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Siapa Shinzo Abe, pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah pasca-perang Jepang yang tewas ditembak saat berpidato di jalan Nara Jepang hari ini? Berikut adalah rekam jejak dan Profil Shinzo Abe dirangkum TribunJakarta.com.

Kabar mengejutkan datang dari Negeri Sakura Jepang. 

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak seorang pria dari belakang saat sedang berpidato di jalan dekat Stasiun Yamato-Saidaiji, Kota Nara, Jepang, pada Jumat, 8 Juli 2022, pukul 11.30 waktu setempat.

Dalam laporan media Jepang NHK, Abe pada saat itu sedang melaksanakan pidato politik partainya.

Adapun, kepolisian mengungkap pelaku adalah seorang mantan anggota Pasukan Bela Diri Maritim Jepang bernama Tetsuya Yamagami.

Baca juga: Terungkap Sosok Penembak Shinzo Abe, Eks PM Jepang Dibuat Tak Sadarkan Diri

Shinzo Abe sempat dievakuasi dengan helikopter ke rumah sakit setempat.

Namun, pada Jumat (8/7/2022) sore, Shinzo Abe dinyatakan telah meninggal dunia di rumah sakit tersebut, seperti dikutip dari The Japan Times. Shinzo Abe dinyatakan mengalami dua luka tembak yakni di dada dan leher.

Profil Shinzo Abe

Profil Shinzo Abe, pemimpin berpengaruh sepanjang sejarah pasca-perang Jepang yang tewas ditembak di jalan Kota Nara Jepang, Jumat, 8 Juli 2022.
Profil Shinzo Abe, pemimpin berpengaruh sepanjang sejarah pasca-perang Jepang yang tewas ditembak di jalan Kota Nara Jepang, Jumat, 8 Juli 2022. (ist)

Shinzo Abe lahir di Tokyo, Jepang pada 21 September 1954.

Shinzo Abe meninggal pada usai 67 tahun, usai ditembak seorang pria saat berpidato di jalan Kashihara, Nara, Jepang pada Jumat, 8 Juli 2022.

Pria berusia 67 tahun itu merupakan lulusan Sarjana Ilmu Politik dari Universitas Seikei tahun 1977.

Shinzo Abe menjadi pemimpin Jepang terlama dan paling berpengaruh pascaperang, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 28 Agustus 2020, karena penyakit kolitis ulseratif.

Meski mengaku sedang sakit, Shinzo Abe tetap mendominasi Partai Demokrat Liberal (LDP).

Baca juga: Shinzo Abe Meninggal Usai Tragedi Penembakan, Menlu RI Retno Marsudi Sampaikan Belasungkawa

Shinzo Abe merupakan politikus terkenal di Jepang. Ia dilahirkan di lingkungan keluarga politik. 

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved