2 Ruas Jalan di Sekitar Tebet Eco Park Jadi Zona Rendah Emisi, Kendaraan Pribadi Dilarang Melintas

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal menerapkan zona rendah emisi di dua ruas jalan pada kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan setiap akhir pekan.

TribunJakarta.com/Kompas.com/@aniesbaswedan
Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan dan kendaraan parkir liar di sekitar luar Tebet Eco Park tepatnya sisi Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Senin (13/6/2022) siang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal menerapkan zona rendah emisi di dua ruas jalan pada kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan setiap akhir pekan dan libur nasional.

Pertama, yakni di ruas Jalan Tebet Timur Raya dan yang kedua di ruas Jalan Tebet Barat Raya.

"Tebet Eco Park ada 2 ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan LEZ (Low Emission Zone) hari Sabtu, Minggu dan libur nasional, yaitu di Jalan Tebet Timur Raya dan Tebet Barat Raya," ucap Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Senin (11/7/2022).

Selama pemberlakuan zona rendah emisi, kendaraan pribadi dilarang melintas di dua lokasi tersebut.

Kedua jalan tersebut hanya akan dilalui oleh angkutan umum serta kendaraan warga sekitar yang telah diberikan stiker untuk penanda khusus.

Baca juga: Aturan Baru Pemprov DKI, Masuk Tebet Eco Park Wajib Gunakan Aplikasi JAKI

"Tentu pengaturannya adalah di kedua jalan tersebut dilarang kendaraan pribadi, kendaraan bermotor melintas, kecuali angkutan umum kemudian non motorize transport juga kendaraan warga setempat yang diidentifikasi dengan diberikan sticker atau tanda khusus," lanjutnya.

Nantinya pemberlakuan ini bakal dilakukan pada saat Tebet Eco Park dibuka.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Huta Kota DKI Jakarta menutup sementara Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Huta Kota DKI Jakarta menutup sementara Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. (Instagram @tamanhutandki)

Diwartakan sebelumnya, pasca penutupan sementara, jumlah pengunjung hingga kendaraan bakal dibatasi di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Tebet Eco Park bakal menjadi zona emisi rendah.

Sehingga pembatasan kendaraan bakal dilakukan terutama pada akhir pekan.

"Untuk sementara, Tebet Eco Park ditutup sampai akhir Juni untuk melakukan pembenahan fasilitas. Wilayah sekitar Tebet Eco Park akan dijadikan Zona Emisi Rendah, di mana pada akhir pekan seluruh kendaraan bermotor dibatasi masuk kecuali bagi penghuni," ucap Anies dalam Instagram pribadinya (@aniesbaswedan), Kamis (16/6/2022).

Begitu pun dengan jumlah pengunjung yang datang. Nantinya pengunjung yang datang bakal disesuaikan dengan kapasitas taman yang menampung 8 ribu sampai 10 ribu pengunjung.

Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan dan kendaraan parkir liar di sekitar luar Tebet Eco Park tepatnya sisi Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Senin (13/6/2022) siang.
Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan dan kendaraan parkir liar di sekitar luar Tebet Eco Park tepatnya sisi Jalan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Senin (13/6/2022) siang. (KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi)

"Jumlah pengunjung, utamanya di akhir pekan, akan dibatasi sesuai kapasitas taman. Ketertiban dan kebersihan lingkungan akan dijaga secara ketat," terangnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved