Antisipasi Virus Corona di DKI

Dua RT di Apartemen Bassura City Jaktim jadi Zona Merah Covid-19

Mayoritas penghuni Apartemen Bassura City yang positif Covid-19 tersebut kini menjalani isolasi mandiri di unit masing-masing

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TRIBUNJAKARTA.COM/NAWIR ARSYAD AKBAR
Suasana Apartemen Bassura City di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Terkini, Puskesmas Kecamatan jatinegara mencatat ada 20 kasus Covid-19 dan sebagian besar di Apartemen Bassura City atau zona merah Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Dua RT di wilayah Apartemen Bassura City di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur jadi zona merah Covid-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara Aditya Galatama Purwadi mengatakan berdasar penelusuran tercatat ada 20 kasus aktif Covid-19 yang mayoritas berada di Apartemen Bassura City.

"Di Cipinang Besar Selatan itu zona merahnya ada di RT 03 dan RT 11/RW 08. Di RT 03 ada 14 kasus aktif, dan di RT 11 ada enam kasus aktif," kata Aditya di Jakarta Timur, Kamis (14/7/2022).

Mayoritas penghuni Apartemen Bassura City yang positif Covid-19 tersebut kini menjalani isolasi mandiri di unit masing-masing karena tidak mengalami gejala buruk.

Selama isolasi mandiri kondisi mereka dipantau petugas gabungan, khususnya Puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Selatan guna memastikan kebutuhan medis dan logistik terpenuhi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Pemprov DKI Pertimbangkan Pembelajaran Tatap Muka Hybrid

Wabah PMK Merebak, Jumlah Pemotongan Hewan Kurban di DKI Malah Meningkat, Kok Bisa?

Dari hasil penelusuran Puskesmas Kecamatan Jatinegara didapati juga ada penghuni Apartemen Bassura yang kini terkonfirmasi Covid-19 tapi belum mendapat vaksinasi.

"Kebanyakan kan memang itu warga Bassura, di apartemen. Kita lihat di PeduliLindungi memang ada yang sudah divaksin dan ada yang belum juga. Tapi untuk detailnya berapa kita cek dulu," ujar Aditya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara Aditya Galatama Purwadi saat memberi keterangan terkait kasus Covid-19 di Apartemen Bassura City, Jakarta Timur, Kamis (14/7/2022).
Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara Aditya Galatama Purwadi saat memberi keterangan terkait kasus Covid-19 di Apartemen Bassura City, Jakarta Timur, Kamis (14/7/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Guna mencegah penularan meluas, Aditya menuturkan pihaknya memaksimalkan 3T yakni testing untuk menemukan kasus baru, tracing atau penelusuran kontak erat, dan treatment atau perawatan.

Serta meningkatkan vaksinasi Covid-19 booster untuk meningkatkan daya tahan tubuh warga, termasuk dengan mengadakan vaksinasi dengan sistem jemput bola ke permukiman.

"Kebanyakan (kasus Covid-19 di Apartemen Bassura) karena kontak erat, sebagai besar karena kontak erat dengan penderita lainnya. Bisa mereka kontak entah di tempat kerja, atau di perjalanan," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved