Alhamdulillah, 389 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Asrama Haji Pondok Gede

Sebanyak 389 jemaah haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur pada Sabtu (19/7/2022) subuh.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Kedatangan jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (16/7/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Sebanyak 389 jemaah haji kloter pertama tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur pada Sabtu (19/7/2022) subuh.

Raut wajah bahagia tampak pada wajah para jemaah yang didominasi asal Jakarta Selatan ketika mereka turun dari bus lalu diarahkan petugas ke aula Asrama Haji Pondok Gede.

Penantian menunaikan ibadah Haji yang sempat ditiadakan selama dua tahun pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19 melanda akhirnya terbayar pada tahun 2022.

Sekretaris PPIH Debarkasi Jakarta Pondok Gede, Slamet Abadi mengatakan sebanyak 389 jemaah haji tersebut tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu pukul 01.21 WIB.

"Ada yang tanazul satu orang dan untuk kloter pertama ini ada yang meninggal dunia satu orang (meninggal di Madinah). Jadi jumlah (jemaah) tetap yakni 389 orang," kata Slamet di Jakarta Timur, Sabtu (16/7/2022).

Baca juga: Malam Ini Kloter Pertama Haji Tiba di Indonesia, Keluarga Dilarang Jemput ke Bandara Soekarno-Hatta

Di Asrama Haji Pondok Gede para jemaah dapat beristirahat sejenak lalu diarahkan mengambil koper mereka masing-masing, serta air zam-zam yang disediakan sebanyak lima liter.

Setelah mendapat air zam-zam, mereka diarahkan para petugas untuk keluar ke area penjemputan di mana pihak keluarga sudah menunggu para jemaah haji tersebut.

Kedatangan jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (16/7/2022)
Kedatangan jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (16/7/2022) (ISTIMEWA)

"Kita memang pasang CCTV terkait untuk bisa dilihat oleh para penjemput. Kalau mereka sudah keluar dari Gedung Serbaguna II, mereka akan terlihat oleh para penjemputnya," ujar Slamet

Terhadap para jemaah petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, dan diimbau bila mengalami kondisi tertentu melapor ke Dinas terkait.

Ambar (61), satu jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede menuturkan senang karena penantian bertahun-tahun akhirnya terlaksana, dan pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar.

"Senang sekali ya, kita kan sudah nunggu delapan tahun kemudian hajinya ditunda selama dua tahun. Yaamungkin itulah buah dari kesabaran," tutur Ambar.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved