Kepala BP2MI Beberkan Besaran Gaji Pekerja Migran Indonesia di Luar Negeri, Negara Ini Paling Besar

Di negara-negara tersebut besaran gaji Pekerja Migran Indonesia di luar negeri berkisar Rp 20 juta sampai Rp 40 juta per bulan.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Kolase Tribun Jakarta
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani melepas ratusan Pekerja Migran Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (18/7/2022). Benny mengungkapkan besaran gaji Pekerja Migran Indonesia di luar negeri bisa mencapai Rp 20 juta sampai Rp 40 juta per bulan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Ramdhani membeberkan besaran gaji Pekerja Migran Indonesia di luar negeri.

Menurut Benny, rata-rata gaji para PMI per bulan di setiap negara berbeda-beda.

Namun, besaran gaji PMI terbesar umumnya yang bekerja di negara maju dan didukung Undang-undang Ketenagakerjaan yang kuat.

Di negara-negara tersebut besaran gaji Pekerja Migran Indonesia di luar negeri berkisar Rp 20 juta sampai Rp 40 juta per bulan.

"Untuk goverment to goverment (G to G) selain Korea Selatan dengan gaji Rp 20 hingga 30 juta, Jepang Rp 22 sampai 30 juta, Jerman sudah mulai kita rintis di tahun ini Rp 34 sampai 40 juta perbulan," jelas Benny di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (18/7/2022) tengah malam.

Meski begitu, tidak semua negara memberikan upah dalam jumlah besar seperti di atas.

Oleh karena itu, ia mengimbau untuk meninjau lagi negara yang mempunyai undang-undang kuat soal pekerja migran.

"Penempatan sektor informal ke negara-negara yang memberikan gaji tinggi dan UU sangat kuat jadi orientasi penempatan negara," papar Benny.

Baca juga: 475 Pekerja Migran Lulusan SMA Diterbangkan ke Korea Selatan, Bakal Dipekerjakan di Bidang Ini

Seperti diketahui, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melepas ratusan pekera migran Indonesia (PMI) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (18/7/2022) tengah malam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved