Ditegur Wagub Jawa Barat Soal Wacana Gabung Jakarta, Wali Kota Depok : Siap Salah!

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengklarifikasi pernyataannya mengenai wacana Depok gabung DKI Jakarta. Hal itu terkait teguran Wagub Jabar.

TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat dijumpai wartawan di Gedung Pramuka Depok, Rabu (20/7/2022). Wali Kota Depok Mohammad Idris mengklarifikasi pernyataannya mengenai wacana Depok gabung DKI Jakarta. Hal itu terkait teguran Wagub Jabar. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MASWali Kota Depok Mohammad Idris menanggapi teguran keras dari Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menyoal wacana bergabungnya Depok ke DKI Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, Uu menegur Idris agar tidak mengeluarkan statement yang berimbas kegaduhan masyarakat.

“Tolong pak wali kota jangan menyampaikan statement-statement yang membuat masyarakat gaduh dan membuat masyarakat memiliki pikiran-pikiran lain,” ujar Uu dalam rilis video resminya, Minggu (17/7/2022) lalu.

Menanggapi teguran tersebut, Idris mengatakan bahwa dirinya sebagai Wali Kota Depok menyatakan siap salah.

“Sudah saya klarifikasi, jadi wagub itu mengatakan itu di media dan sepertinya memang dapat laporan dari media. Jadi saya sebagai wali kota tentunya siap salah!” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Gedung Pramuka Depok, Cilodong, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Tegur Wali Kota Depok, Wagub Jabar Tegaskan Tak Akan Lepas Bodebek ke Wilayah Lain: Tidak Mau

“Kedua kalau orang sunda bilang ‘Hampura’ kalau ini menjadi sebuah sikap yang salah tetapi saya sudah klarifikasi,” timpalnya.

Lebih lanjut, Idris mengatakan bahwa tidak pernah mengusulkan Kota Depok untuk bergabung ke DKI Jakarta.

Kolase Foto Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Plh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.
Kolase Foto Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Plh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

“Saya katakan bahwa tidak pernah saya mengusulkan Depok gabung ke Jakarta, tidak pernah. Yang ada adalah tinjauan pandangan saya sebagai akademisi dan sebagai kepala daerah punya pandangan ketika ditanya dalam sebuah seminar online waktu itu tentang masalah Jakarta ke depannya pasca IKN,” tuturnya.

Idris berujar bahwa diperlukan kajian menyeluruh terhadap eksistensi kemajuan DKI Jakarta, pasca berpindahnya ibu kota negara.

Baca juga: Wacana Depok Gabung Jakarta, Wagub Jabar Peringatkan Wali Kota Idris: Seolah-olah Diskreditkan Kami!

“Yang jadi kesimpulan saya bahwa diperlukan kajian menyeluruh komprehensif terhadap eksistensi kemajuan jakarta pasca IKN, di antara perhatian terhadap kota-kota penyangga, tidak Depok khusus. Saya juga yakin kalau hanya depok misalnya, kedepannya gak menyelesaikan masalah,” pungkasnya.

Wagub Jabar Tegur Wali Kota Depok

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, menegaskan tidak akan melepaskan Bogor, Depok, dan Bekasi ( Bodebek ) bergabung ke provinsi lain.

“Saya selaku orang Jawa Barat tidak mau melepaskan wilayah Bodebek ke orang lain,” tegas Uu dalam rilis videonya, Senin (18/7/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved