Lurah Pastikan Pembangunan Drainase Program Pengentasan RW Kumuh di Sukapura Sudah Disetujui Warga

Pembangunan drainase dalam program pengentasan RW kumuh di RW 10 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, sudah disepakati warga setemp

Istimewa
Saluran drainase yang berada di Kali Cakung Lama, perbatasan Sukapura dan Pegangsaan Dua, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Lurah Sukapura, Ahmad Rosiwan, memastikan pembangunan drainase dalam program pengentasan RW kumuh di RW 10 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, sudah disepakati warga setempat.

Hal ini sehubungan dengan adanya warga mempertanyakan soal drainase yang dinilai mempersempit Kali Cakung Lama seperti yang diberitakan TribunJakarta.com, 11 Juli lalu.

"Program pengentasan RW kumuh Community Action Plan yang dilaksanakan oleh Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Utara pada tahun 2021 sudah dimusyawarahkan dan disetujui warga RW 10, dari RT 001 sampai RT 007 Kelurahan Sukapura," kata Rosiwan dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Rosiwan menjelaskan, pengentasan RW kumuh direalisasikan lewat beberapa sektor pembangunan.

Misalnya yang terutama pembangunan jalan lingkungan dengan panjang 3.350 meter dan lebar 2,40 meter berikut drainasenya.

Baca juga: Warga Pertanyakan Proyek Drainase di Sukapura Persempit Kali Cakung Lama

Begitu pula pembuatan nama jalan, pembangunan septic tank komunal, pembangunan gapura, hingga pembuatan gerobak sampah.

"Berkaitan dengan hal yang dipertanyakan warga Kelurahan Pegangsaan Dua yaitu pembangunan jalan lingkungan dan drainase yang mempersempit eksisting Kali Cakung Lama," kata Rosiwan.

"Perlu kami jelaskan bahwa kegiatan pembangunan jalan lingkungan di RW 10 sama sekali tidak mempersempit eksisting Kali Cakung Lama," sambungnya.

Rosiwan menegaskan, warga sudah setuju membongkar bangunannya sendiri tanpa ganti rugi apabila eksisting jalan yang akan dibangun kurang dari 2,40 meter.

Selain itu, warga juga mencerucuk Kali Cakung Lama sebagai penampung sampah dari pembangunan pembuatan jalan dan drainase supaya tidak terjadi longsor dan pendangkalan.

Diberitakan sebelumnya, warga yang tinggal di bantaran Kali Cakung Lama mempertanyakan proyek pembangunan drainase di permukiman warga RW 10 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Pembangunan drainase itu dinilai mengokupasi trase kali dan mengakibatkan penyempitan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved