Anies Baswedan Bersyukur Depok Mau Bangun Trotoar Lebar di Margonda Seperti Sudirman Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal rencana Kota Depok, Jawa Barat yang mau memperlebar trotoar di Jalan Margonda Raya.

KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menghadiri Rakernas JATTI, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022). Terkini, Anies mengaku bersyukur dengan Pemkot Depok yang ingin membangun trotoar Margonda seperti di kawasan Sudirman, Jakarta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal rencana Kota Depok, Jawa Barat yang mau memperlebar trotoar di Jalan Margonda Raya.

Sebagai informasi, rencana tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menanggapi fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Gubernur Anies Baswedan pun menyebut, hal ini sudah menjadi sebuah tren di kota-kota besar di dunia.

"Jadi memang ini adalah satu tren urban di seluruh dunia. Di mana mobilitas penduduk itu mengandalkan satu, transportasi kaki," ucapnya di Balai Kota, Jumat (22/7/2022).

Anies mengaku bersyukur, program yang dijalankan Pemprov DKI bisa ditiru oleh wilayah lain.

Baca juga: Ingin Margonda Seperti Sudirman, Wakil Wali Kota Depok Mau Bangun Trortoar Lebar 4 Meter

Sebagai informasi, sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2017 silam, Anies Baswedan memang getol menjalankan program revitalisasi trotoar.

Trotoar yang ada di jalan-jalan utama diperlebar oleh Anies demi memberi kenyamanan bagi pejalan kaki.

"Saya bersyukur apresiasi bahwa tetangga kita menggunakan pendekatan-pendekatan yang sama," ujarnya.

Selain getol membangun mempercantik trotoar, Gubernur Anies Baswedan juga getol memperbaiki fasilitas angkutan umum lewat integrasi transportasi.

Bahkan, kini sudah berseliweran bus listrik di Jakarta yang rendah emisi dan lebih ramah lingkungan.

Angel Mami (kiri) salah satu pentolan Citayam Fashion Week yang kerap jadi sorotan. Intip harga outfitnya.
Angel Mami (kiri) salah satu pentolan Citayam Fashion Week yang kerap jadi sorotan. Intip harga outfitnya. (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)

Ia pun berharap tren transportasi umum bisa ditiru oleh daerah lain sehingga diharapkan seluruh moda transportasi di wilayah Jabodetabek bisa saling terintegrasi.

"Dengan begitu nantinya di seluruh wilayah Jabodetabek kita harapkan sama-sama, ketika kita bicara pengurangan karbon emisi, membangun kebiasaan jalan kaki, mrmbangun kebiasaan hidup sehat, itu sesungguhnya untuk semuanya," tuturnya.

Jadikan Margonda Seperti Sudirman

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved