Gandeng Pegiat Seni Budaya Sisingaan, Balad Erick Thohir Deklarasikan Dukungan di Kabupaten Subang

Balad Erick Thohir bersama ratusan massa dari pegiat Seni Budaya Sisingaan Kabupaten Subang melakukan deklarasi dukungan maju capres 2024.

Editor: Wahyu Septiana
Istimewa
Relawan pendukung setia Erick Thohir, Balad Erick Thohir bersama ratusan massa dari pegiat Seni Budaya Sisingaan Kabupaten Subang melakukan deklarasi dukungan kepada Menteri BUMN untuk maju jadi Calon Presiden (Capres) 2024. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Relawan pendukung setia Erick Thohir, Balad Erick Thohir bersama ratusan massa dari pegiat Seni Budaya Sisingaan Kabupaten Subang melakukan deklarasi dukungan kepada Menteri BUMN untuk maju jadi calon presiden (Capres) 2024.

Dukungan kepada Eks Presiden Inter Milan ini digelar di Lapangan Bola Blok Cicadas, Kelurahan Dangdeur, Kabupaten Subang, pada Kamis, (28/7/2022).

Ketua Paguyuban Seni Budaya Sisingaan, Asep Suryadi mengatakan, dukungan untuk Erick Thohir yang dibalut dengan Pagelaran Seni Budaya Sisingaan bukan tanpa alasan.

Sosok Erick Thohir dianggap memiliki kapasitas dan komitmen dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya di tradisional di Indonesia.

“Seni Pertunjukan Sisingaan menjadi lambang dan sejarah perlawanan masyarakat Subang terhadap penjajah Inggris dan Belanda," kata Asep Suryadi, Kamis (28/7/2022).

"Meski sekarang jadi identik dengan acara khitanan namun sesungguhnya bermakna bahwa di atas penderitaan yang kita alami selalu ada generasi baru yang kita harapkan jadi pemimpin masa depan,” ujar Kang Asep.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Sulap Gedung-gedung Terbengkalai di Kota Tua Jadi Pusat Ekonomi Kreatif

Harapan itu, kata Asep, ada pada sosok Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurutnya, selain punya kedekatan dengan masyarakat Sunda, Erick Thohir juga memiliki prasyarat yang cukup lengkap untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa.

Menteri BUMN, Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir (Dok Kementerian BUMN)

“Erick Thohir adalah balad urang, ibunya Edna Thohir merupakan seorang perawat asal Kadipaten, Majalengka. Seperti makna di balik Budaya Sisingaan, Erick Thohir selalu punya cara untuk menyelesaikan masalah,” tutur Kang Asep.

Sementara itu, perwakilan Koordinator Pusat Balad Erick Thohir, Ma’ruf Mutaqin yang turut hadir dan memberikan sambutan mengatakan, ada banyak alasan kenapa dukungan kepada Erick Thohir ini dideklarasikan dengan balutan Seni Budaya Sisingaan di Subang.

Pertama menurut Ma’ruf, sejarah, darah dan budaya Sunda melekat pada dirinya.

Kata dia, masa kecil Erick Thohir sama seperti masyarakat sunda kebanyakan, seperti pernah makan ampas kecap atau daun katel.

“Pak Erick selalu menyampaikan jika masa kecilnya sangat familiar dengan makanan ampas kecap berwarna agak gelap dan daun katel, sayuran berupa pucuk kedelai yang biasa dibuat campuran sambal terasi,” kata Ma’ruf.

Baca juga: Bersih-bersih Korupsi di BUMN, Erick Thohir Berhasil Selamatkan Ekonomi Negara

Sama seperti kita, Erick Thohir menurut Ma’ruf juga biasa main biji karet. Untuk diadu atau sekadar koleksi. Erick juga terbiasa duduk bersila di mushola, menunggu waktu shalat atau ngaji bareng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved