Stasiun Monas dan Thamrin Tersambung, Pembangunan MRT 2A Capai 41 Persen

Stasiun MRT Jakarta Monas dan Thamrin telah tersambung setelah pengeboran selama tiga bulan. MRT Jakarta masih optimis selesai tahun 2025.

Tribunnews/JEPRIMA
Aktivitas Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta saat akan berhenti di stasiun Blok M, Jakarta Selatan, Senin (20/4/2020). Stasiun MRT Jakarta Monas dan Thamrin telah tersambung setelah pengeboran selama tiga bulan. MRT Jakarta masih optimis selesai tahun 2025. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Setelah melakukan pengeboran selama tiga bulan lamanya, Stasiun MRT Jakarta Monas dan Thamrin telah tersambung.

Tersambungnya dua stasiun ini ditandai dengan mesin bor terowongan (tunnel boring machine) yang sudah berhasil menembus dinding sisi utara Stasiun Thamrin pada Jumat (29/7/2022) lalu.

"TBM 2 membangun terowongan southbound sepanjang 385,5 meter dari Stasiun Monas ke Stasiun Thamrin," ucap Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

Sebagai informasi, Stasiun MRT Jakarta Monas dan Thamrin merupakan bagian dalam proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 201.

"Breakthrough ini merupakan salah satu milestone dari pekerjaan konstruksi fase 2A MRT Jakarta, khususnya CP 201 yang mencakup pembangunan Stasiun Thamrin dan Monas," ujarnya.

Baca juga: Ini Sosok yang Ditunjuk Gubernur Anies Baswedan Jadi Dirut Baru PT MRT Jakarta

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menjelaskan, pekerjaan CP 201 telah mencapai 41,84 persen.

Untuk pekerjaan yang saat ini tengah berlangsung meliputi penggalian, pengecoran pelat lantai Stasiun Monas, pengecoran kolom dan struktur dinding gardu induk (receiving substation) Monas.

Kemudian, perbaikan kualitas tanah (jet grout) di Stasiun Thamrin, serta pemasangan traffic decking di sisi selatan Stasiun Thamrin.

"Kami masih optimistis bahwa target penyelesaian CP 201 pada Maret 2025 akan tercapai," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved