Kebakaran Kantor Pegadaian: Asap Pekat Membumbun Tinggi, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kebakaran yang melanda kantor pusat Pegadaian di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat diduga terjadi akibat korsleting listrik.

TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Kondisi kantor pusat Pegadaian di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat yang sempat terbakar siang tadi, Minggu (7/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kebakaran yang melanda kantor pusat Pegadaian di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat diduga terjadi akibat korsleting listrik.

Perwira piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Kusnanto mengatakan, percikan api berasal dari rangkaian kabel yang berada di lantai 3 gedung tersebut.

"Jadi yang jelas ini sub-sub kabel yang terbakar. Kalau sub-sub kabel berarti kulit kabelnya yang terbakar menimbulkan asap pekat. Terakhir setelah padam baru sisa tembaganya," ucapnya saat ditemui di lokasi, Minggu (7/8/2022).

Sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas yang diterjunkan ke lokasi sempat mengalami kendala akibat asap tebal di dalam gedung tersebut.

Baca juga: Motor Matic Ludes Terbakar di Underpass Pondok Indah, Asap Hitam Membumbung Tinggi

"Kami terima berita pukul 12.20 WIB ternyata sudah banyak keluar asap. Sumber api sulit ditemukan karena tertutup asap tebal," ujarnya.

"Jadi kendalanya itu sulit untuk masuk ke dalam gedung karena asap sudah cukup pekat," sambungnya.

Kondisi kantor pusat Pegadaian di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat yang sempat terbakar siang tadi, Minggu (7/8/2022).
Kondisi kantor pusat Pegadaian di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat yang sempat terbakar siang tadi, Minggu (7/8/2022). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Proses pemadaman api pun berlangsung cukup lama, si jago merah baru berhasil dijinakkan sekira pukul 16.50 WIB.

Meski proses pemadaman berlangsung lebih dari empat jam lamanya, Kusnanto memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Aman tidak ada korban jiwa. Hanya ada satu petugas damkar terkena pecahan kaca. Tapi, itu sudah langsung ditangai oleh petugas AGD (Ambulans Gawat Darurat).

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved