Dongkrak Ekonomi via Pameran Makanan, Festival Warisan Kuliner Nusantara Hadir di Mangga Dua Square

Festival Warisan Kuliner Nusantara hadir di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara.

TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Festival Warisan Kuliner Nusantara hadir di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Festival Warisan Kuliner Nusantara hadir di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara.

Digelar mulai 30 Juli sampai 28 Agustus 2022, kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lewat pameran makanan dari berbagai daerah di Indonesia.

Camat Pademangan Didit Mulyadi menuturkan, ada 30 stan yang menjajakan makanan-makanan khas nusantara di pelataran lobby drop off Mangga Dua Square.

"Di sini kita sedang menyelenggarakan Festival Warisan Kuliner Nusantara, bertempat di Mangga Dua Square," kata Didit di lokasi, Rabu (10/8/2022).

"Kita menampilkan berbagai macam kuliner di sini, ada sekitar 30 kios, dari mulai nasi kebuli, dim sum, sampai yang paling populer di sini rahang tuna bakar," sambungnya.

Baca juga: Sudah Dipecat, Kini Petugas PPSU Brutal Aniaya Pacar Sampai Babak Belur di Kemang Jadi Tersangka

Berdasarkan pantauan di lokasi, kuliner-kuliner andalan yang dijajakan misalnya nasi kebuli, nasi Padang, hingga salah satu yang paling populer yakni nasi rahang tuna bakar.

Terpantau para pengunjung Mangga Dua Square yang telah selesai berbelanja menyempatkan diri menikmati makanan-makanan yang ada di festival tersebut.

Didit menambahkan, sebagian dari pelaku usaha yang menjajakan makanan di Festival Warisan Kuliner Nusantara ialah kalangan UMKM.

Festival Warisan Kuliner Nusantara hadir di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara.
Festival Warisan Kuliner Nusantara hadir di pusat perbelanjaan Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara. (TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino)

"Ada sebagian yang difasilitasi Mangga Dua Square dari manajemennya. Nanti kita akan isi ada beberapa UMKM dari Kecamatan Pademangan, ada disiapkan space dari Mangga Dua Square nanti kita akan isi," ucap Didit.

Senior Manager HR dan GA Mangga Dua Square, FX Stanley menjelaskan, digelarnya Festival Warisan Kuliner Nusantara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Terutama mereka yang masih belum bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.

Karenanya, pengelola pusat perbelanjaan tersebut menggratiskan para pelaku usaha yang menjadi peserta dalam festival ini untuk membuka stan mereka.

"Konsepnya adalah ingin meningkatkan perekonomian di Jakarta yang untuk pemulihan secepatnya dan meningkatkan UMKM supaya segera bangkit lah," katanya.

"Ini dari luar semua, dari Jabodetabek, kita koordinasi dengan Pademangan juga dan tingkat kota. Semuanya free kita fasilitasi untuk meningkatkan UMKM, membangkitkan ekonomi," kata Stanley.

Baca juga: Beratnya Hidup Sopir Online, Serikat Ojol Bakal Panggul "Motor" ke DPR Ikut Tolak Omnibus Law

Stanley menuturkan, festival yang menjajakan makanan khas nusantara ini baru pertama kali digelar.

Namun, ke depannya bukan tidak mungkin acara serupa bakal ada lagi dengan target pasar masyarakat kalangan menengah ke bawah.

"Target pasarnya menengah ke bawah, khusus masyarakat semua bisa ke sini, harganya sangat-sangat terjangkau dan enak," tutupnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved