Jangan Terlalu Percaya Diri, 42 Persen Peserta IELTS Gagal Mencapai Band Score 6,5

Data resmi dari IELTS.org (2019) menunjukkan bahwa 42 persen peserta IELTS asal Indonesia gagal mencapai band score 6,5.

Penulis: Dwi Nur Hayati | Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Dok. Humas Focusielts.com
Solusi IELTS preparation oleh Focusielts.com. 

Tribunjakarta.com - Menempuh pendidikan di luar negeri biasanya membutuhkan sertifikat International English Language Testing System (;IELTS) dengan band score 6,5.

Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda yang ingin berkuliah di luar negeri, seperti Inggris, Australia, atau Kanada untuk belajar bahasa Inggris dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang sebelum mengikuti tes IELTS.

Pasalnya, tidak semua orang bisa mencapai band score 6,5. Data resmi dari IELTS.org (2019) menunjukkan bahwa 42 persen peserta IELTS asal Indonesia gagal mencapai band score 6,5.

Bahkan, sekitar 21 persen hanya mencapai band score 6,0. Hal ini tentu sangat disayangkan jika Anda tidak berhasil melanjutkan kuliah di negara impian hanya karena skor kurang 0,5.

Mengapa banyak siswa Indonesia gagal dalam tes IELTS?

Perlu diketahui, ada sejumlah alasan mengapa banyak siswa Indonesia yang gagal dalam tes IELTS.

Salah satu kegagalan tersebut disebabkan karena level ujian yang memang cukup sulit. Pasalnya, IELTS adalah tes yang cukup menantang sehingga banyak siswa merasa kesulitan untuk mendapatkan nilai tinggi.

Baca juga: Seleksi CPNS 2021 Ditutup Hari Ini, Bisakah Sertifikat TOEFL Diganti Hasil IELTS? Ini Kata BKN

Alasan lain dari kegagalan tes adalah siswa Indonesia belum familier dengan format IELTS.

Untuk diketahui, IELTS adalah jenis tes yang berbeda dari ujian bahasa Inggris yang biasa dilakukan siswa Indonesia. Hal ini dapat mempersulit mereka untuk mengetahui bagaimana menjawab pertanyaan dengan benar.

Akhirnya, banyak siswa Indonesia yang tidak dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk IELTS.

Mereka tidak meluangkan waktu untuk belajar tentang ujian IELTS dengan matang. Akibatnya, para siswa tidak siap saat mengikuti ujian dan akhirnya gagal.

Cara meningkatkan peluang keberhasilan dalam tes IELTS

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved