Dukung Kebijakan Anies Baswedan, Harapan PSI Tarif Integrasi Dorong Warga Gunakan Transportasi Umum

Politikus PSI Anthony Winza Prabowo dukung kebijakan Anies Baswedan soal tarif integrasi Transjakarta, MRT dan LRT. Ini harapannya terhadap warga.

Kolase TribunJakarta.com
Politikus PSI Anthony Winza Prabowo dukung kebijakan Anies Baswedan soal tarif integrasi Transjakarta, MRT dan LRT. Ini harapannya terhadap warga. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI Anthony Winza Prabowo mendukung kebijakan tarif integrasi pada moda Transjakarta, MRT, dan LRT maksimal sebesar Rp 10.000 yang dibuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ia pun berharap, kebijakan ini efektif dalam mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik.

"Diharapkan juga hal ini dapat memberikan insentif agar masyarakat penggunaan kendaraan pribadi mau berpindah menjadi pengguna transportasi umum," ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022).

 

 

Agar kebijakan ini efektif dan bisa mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum, ia pun meminta Pemprov DKI melakukan sosialisasi secara masif.

"Saya minta agar Pemprov DKI Jakarta segera melakukan sosialisasi tentang penetapan tarif integrasi ini agar program tersebut bisa cepat dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Tarif Integrasi Transportasi Umum Rp10 Ribu Berlaku Hari Ini, Kecuali Transjakarta Non-BRT

"Karena ketepatan penyebaran informasi akan berpengaruh pada kecepatan pemanfaatannya oleh masyarakat," sambungnya.

Dengan demikian, diharapkan tingkat kemacetan di ibu kota bisa menurun dan kondisi kualitas udara di Jakarta semakin baik karena berkurangnya sumber pencemar.

"Program integrasi moda transportasi antar BRT, LRT, dan MRT ini diharapkan menjadi opsi bagi masyarakat ibu kota dan daerah penyangga untuk menggunakan transportasi umum," tuturnya.

Anthony Winza Probowo
Anthony Winza Probowo (Tangkapan layar Kompas TV)

"Tentunya jika bisa segera dimanfaatkan bisa menurunkan tingkat kemacetan ibu kota dan mengurangi polusi udara yang sumbernya dari kendaraan pribadi," tambahnya menjelaskan.

Selain itu, ia juga meminta agar kebijakan ini dievaluasi secara berkala untuk mengetahui respon masyarakat terhadap aturan baru ini.

Baca juga: Tarif Integrasi Transportasi Berlaku Hari Ini, Satu Uang Elektronik Cuma Bisa untuk Satu Penumpang

"Kebijakan tarif integrasi ini harus dievaluasi setiap enam bulan selama satu tahun pertama untuk melihat dampak baik dan buruknya pelaksanaan kebijakan tersebut, " kata dia.

Simak Cara Menikmati Tarif Integrasi Rp10.000

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menetapkan tarif integrasi transportasi umum untuk Transjakarta, MRT, dan LRT dan berlaku mulai hari ini, Kamis (11/8/2022).

Ketentuan soal tarif integrasi ini telah tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 733 tahun 2022.

Lantas bagaimana cara menikmatinya layanan integrasi ini?.

Melalui Instagram @jaklingkoindonesia, cara penggunaan layanan integrasi ini dibagikan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai memberlakukan peraturan penerapan besaran tarif integrasi layanan angkutan umum massal yakni Transjakarta, MRT, dan LRT, hanya Rp10.000.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai memberlakukan peraturan penerapan besaran tarif integrasi layanan angkutan umum massal yakni Transjakarta, MRT, dan LRT, hanya Rp10.000. (Kolase TribunJakarta.com)

Masyarakat yang hendak menikmati layanan ini, diwajibkan untuk mendownload aplikasi JakLingko atau Jak Lingko App di Playstore.

"#TemanJakLingko, mulai hari ini sudah bisa menikmati tarif integrasi pada moda MRT Jakarta, LRT Jakarta, serta Transjakarta HANYA melalui aplikasi JakLingko," bunyi caption tersebut, Kamis (11/8/2022).

Nantinya, pengguna tarif integrasi ini bakal menggunakan kartu khusus.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan sistem ticketing pada angkutan umum terintegrasi, yakni moda transportasi Transjakarta, LRT dan MRT bakal menggunakan account base ticketing.

Anak buah Gubernur Anies ini menjabarkan, sistem ticketing ini menggunakan chip base.

"Bahwa akan ada perubahan menjadi account base ticketing untuk seluruh layanan tiket angkutan umum, yang sebelumnya chip base jadi account base ticketing. Dan, dengan account base ticketing ini kami kembangkan, artinya identitas pelanggan, akan terpotret," lanjutnya.

Sementara untuk sistem pembayarannya, bakal beralih menjadi face recognition.

Adanya pengenal wajah ini bakal memudahkan petugas mengungkap pelaku pelecehan seksual di transportasi publik.

"Sehingga jika ada pelanggan yang melakukan pelecehan seksual, langsung ter-record wajahnya. Dengan pola itu akan sangat mudah diidentifikasi oleh rekan-rekan Transjakarta dan otomatis larangannya langsung bisa dilakukan," paparnya.

Sebagai informasi, aturan yang diteken Gubernur Anies Baswedan pada 8 Agustus 2022 ini menetapkan tarif integrasi sebesar Rp10.000.

"Menetapkan besaran paket tarif layanan angkutan umum massal yang diberlakukan untuk satu kali perjalanan atas penggunaan Transjakarta, MRT, dan/atau LRT dengan plafon tarif Rp10.000," demikian isi aturan itu dikutip TribunJakarta.com, Kamis (11/8/2022).

Dalam lampiran Kepgub ini dijelaskan komponen paket tarif layanan angkutan umum terdiri dari biaya awal sebesar Rp2.500 yang akan dikenakan kepada penumpang saat memasuki halte/stasiun/layanan angkutan penumpang (feeder).

Setelah membayar biaya awal, tarif perjalanan selanjutnya yang dibayar sebesar Rp250 per kilometer (km) dengan jumlah maksimal tarif satu kali perjalanan sebesar Rp10.000.

Tarif maksimal Rp10.000 ini berlaku untuk durasi waktu perjalanan selama 180 menit (2,5 jam) dan penumpang tidak keluar dari Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) sejak pertama kali masuk (tap in) halte/stasiun/layanan angkutan penumpang (feeder).

"Apabila dalam satu kali perjalanan penumpang menghabiskan waktu tempuh melebihi 180 menit, maka selain dari jumlah maksimum tarif akan dihitung paket tarif perjalanan selanjutnya," ucapnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved