Banjir di Jakarta

Pemkot Jakarta Timur Keruk 3 Waduk Antisipasi Datangnya Banjir di Musim Hujan

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mempercepat proses pengerukan tiga waduk untuk mengantisipasi datangnya musim hujan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Alat berat tengah mengeruk lumpur yang ada di salah satu waduk di DKI Jakarta. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mempercepat proses pengerukan tiga waduk untuk mengantisipasi datangnya musim hujan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mempercepat proses pengerukan tiga Waduk untuk mengantisipasi datangnya musim hujan.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup  Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan ketiga waduk tersebut yakni Waduk Tiu, Waduk Giri Kencana, dan Waduk Halim.

"Kami telah melakukan peninjauan Waduk dimulai dari hulu untuk memastikan pengerjaan pengurasan waduk di wilayah Jakarta Timur harus dikebut,"  kata Kusmanto, Jumat (12/8/2022).

Diharapkan dengan pengerukan menggunakan alat berat tersebut kapasitas debit air yang dapat ditampung bertambah, sehingga tidak meluap ke permukiman warga.

Kendala yang dihadapi Pemkot Jakarta Timur dalam proses pengerukan di Waduk Tiu karena batu cadas, sementara Waduk Giri Kencana terkait saluran penghubung (PHB) yang harus diperdalam.

Baca juga: Anies Baswedan Sidak Program Pengendali Banjir, Pembangunan Waduk Lebak Bulus Capai 49,91 Persen

"Waduk Tiu maupun Waduk Giri Kencana kita targetkan sebelum Desember selesai pengerjaannya. Sehingga selesai dikeruk atau dikuras Sudin SDA bisa menampung air disaat musim hujan,"  ujarnya.

Kusmanto menuturkan pihaknya juga berharap agar proses pengerukan Waduk Halim dapat rampung, sehingga debit air saat hujan deras tidak lagi meluap ke saluran PHB Sulaeman.

Progres pembangunan waduk di area TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.
Progres pengerukan waduk  (Dok. Satpel SDA Kecamatan Cilincing)

Menurutnya kondisi Waduk Halim kini sudah lebih baik dari sebelumnya karena kapasitas tampung air lebih banyak, sehingga optimis dapat membantu mencegah banjir.

"Mudah-mudahan kolaborasi Sudin SDA dan Sudin LH melakukan pengerukan Waduk Halim agar bisa dipercepat. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya di musim hujan,"  tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved