Anies Dapat Cerita Warga Jepang: Betapa Nyamannya Naik Kendaraan Umum dan Jalan Kaki di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bagikan cerita dari warga Jepang terkait transportasi umum dan perjalanan di Jakarta.

Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bagikan cerita jadi pembicara di seminar di Jepang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bagikan cerita dari warga Jepang terkait transportasi umum dan perjalanan di Jakarta.

Cerita tersebut dibagikannya dalam Instagram pribadinya (@aniesbaswedan) melalui unggahan terbaru pada hari ini, Minggu (14/8/2022).

Mulanya, orang nomor satu di DKI ini menceritakan soal tiga seminar yang berlangsung selama di Jepang.

The Sasakawa Peace Foundation, kata dia, menyelenggarakan tiga seminar tentang Jakarta.

Dua kali di Tokyo dan satu di Hiroshima. Di mana, seminar pertama untuk kalangan akademisi dan jurnalis.

Baca juga: Terbang ke Jepang, Anies Baswedan Bagikan Peristiwa Unik Saat Bertemu Gubernur Tokyo

"Mereka yang memiliki riset dan kajian terkait indonesia dan Asia Tenggara. Seminar kedua untuk kalangan bisnis dan masyarakat umum yang memiliki kegiatan usaha dan minat di Indonesia," ucapnya dalam caption.

Kemudian seminar ketiga, Sasakawa bekerjasama dengan Universitas Hiroshima menyelenggarakan kuliah untuk kalangan mahasiswa.

"Hiroshima adalah kampung halaman Perdana Menteri Jepang sekarang, yaitu Fumio Kishida. Mereka selenggarakan di kota Hiroshima di bulan Agustus, sebagai bagian dari peringatan bom atom pertama di bulan Agustus 1945," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebutlah, warga Jepang memuji Jakarta khususnya dalam hal kenyamanan di transportasi umum.

"Sepanjang seminar kemarin mendapatkan komentar dari orang-orang Jepang yang sempat ke Jakarta tahun 2021 dan 2022. Mereka menceritakan betapa nyamannya kini menggunakan kendaraan umum dan bisa menyusuri Jakarta dengan berjalan kaki," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bagikan cerita selama mengikuti seminar di Jepang.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bagikan cerita selama mengikuti seminar di Jepang.

Menurut Anies, cerita yang didapatnya merupakan sesuatu yang unik.

Sebab, warga Jepang menceritakan soal kenyamanan kala menaiki angkutan kota (angkot) dan bus umum di ibu kota.

"Jika mereka cerita soal nyamannya naik MRT maka itu bukan sesuatu yang unik. Tapi jika ada orang Jepang cerita kenyamanan naik angkot dan bus umum, maka itu unik dan kita mendengarnya dengan rasa syukur," paparnya.

Tak sampai di situ, ada banyak topik yang mereka bahas, mulai dari soal transportasi, kesehatan, pendidikan, perekonomian, demokrasi, hingga masalah UMP.

Sampai akhirnya muncul ucapan bahwa orang Jepang harus belajar dari Indonesia soal kecepatan untuk learning dan unlearning, dengan tujuan untuk lebih cepat mengatasi perubahan.

"Tukar pikiran yang terjadi selama seminar-seminar itu bukan semata-mata dari orang yg sedang mewakili Jakarta di hadapan Jepang, tapi ini percakapan sebagai sesama warga dunia yang saling belajar dan berbagi pengalaman. Kita adalah sesama warga dunia dan sama-sama punya tanggung jawab utk menyiapkan masa depan lebih baik bagi generasi berikutnya," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved