Jabatan Diturunkan, Pihak PNS akan Bacakan Gugatan untuk Menkumham Pekan Depan 

Menurutnya, dalam sidang hari ini, Majelis Hakim PTUN Jakarta menyetujui perubahan berkas, dari tergugat Kemenkumham menjadi Menkumham.

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TribunJakarta.com/Bima Putra
Suasana sidang gugatan PNS Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham berinsial OG terhadap Menkumham Yasonna Laoly di PTUN Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Senin (15/8/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta menjadwalkan sidang pembacaan gugatan terhadap Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly pada Senin (22/8/2022).

Sidang tersebut mengenai gugatan yang diajukan pegawai negeri sipil (PNS) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) berinisial OG terkait kasus penurunan jabatannya.

Penasihat hukum OG, Bernard Paulus Simanjuntak mengatakan penetapan jadwal tersebut diputuskan setelah berkas dinyatakan lengkap oleh Majelis Hakim PTUN DKI Jakarta pada sidang hari ini.

"Kita persiapkan pembacaan gugatan itu paling agak panjang. Jadi ada beberapa tulisan-tulisan yang mungkin harus diperbaiki dan bukti-bukti dipersiapkan," kata Bernard, Senin (15/8/2022).

Menurutnya, dalam sidang hari ini, Majelis Hakim PTUN Jakarta menyetujui perubahan berkas, dari tergugat Kemenkumham menjadi Menkumham.

Baca juga: Menkumham Yasonna Laoly Digugart Anak Buahnya Sendiri ke PTUN DKI Jakarta, Ini Masalahnya

Dalam sidang tersebut Majelis Hakim juga meminta kedua pihak baik penggugat dan tergugat untuk bermusyawarah melakukan mediasi sehingga perkara tidak perlu diselesaikan ke PTUN.

"Kami siap diundang kapanpun dari pihak Kementerian Hukum dan HAM untuk menyelesaikan masalah ini secara musyawarah dan kekeluargaan," ujarnya.

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS (WartaKota)

Sementara Ardi selaku kuasa hukum pihak tergugat menuturkan bahwa pihaknya menyerahkan pelaksanaan mediasi kepada pihak OG.

"Untuk mediasi itu tergantung si penggugat," kata Ardi.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly digugat anak buahnya berinisial OG yang bertugas di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

Dalam gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta, OG mempertanyakan surat keputusan nomor M. HH-01.KP.07.02 tahun 2022 terkait penurunan jabatannya.

Penasihat hukum OG, Bernard Paulus Simanjuntak mengatakan terdapat kejanggalan karena surat keputusan penurunan jabatan kliennya ditandangani langsung oleh Yasonna Laoly selaku Menkumham.

"Padahal, beliau ini hanya eselon IV, keputusan ini langsung ditandatangani Pak Yasonna Laoly, seharusnya kan bukan dia (Menkumham) yang berhak," kata Bernard di Jakarta Timur, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Prabowo Subianto Digugat Anak Buahnya, Ariza Lantang Bersuara: Kami Dukung Beliau Presiden 2024

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved