17 Agustus 2022

Peringati HUT Ke-77 RI, KAI Operasikan Lokomotif Kereta Bersejarah Rute Kota-Tanjung Priok

Memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kembali dua sarana kereta api bersejarah, Rabu (17/8/2022).

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Perjalanan kereta bersejarah Djoko Kendil dari Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Memperingati HUT ke-77 RI, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kembali dua sarana kereta api bersejarah, Rabu (17/8/2022).

Dua sarana kereta api yakni Lokomotif Bon-Bon dan gerbong Kereta Djoko Kendil hari ini dioperasikan dengan rute Stasiun Kota menuju Stasiun Tanjung Priok.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartyanto mengatakan, perjalanan singkat dengan kereta api bersejarah ini diikuti para pegawai dan penumpang setia KAI.

"Pada hari ini, KAI turut serta memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama seluruh pelanggan melalui perjalanan kereta bersejarah dan berbagai kegiatan lainnya," kata Didiek di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Peserta serta petugas pada kereta bersejarah tersebut menggunakan pakaian di masa kemerdekaan untuk mengenang perjuangan para pahlawan.

Baca juga: Kado HUT ke-77 RI, 43 Kilogram Sabu Jaringan Internasional Dimusnahkan di Kabupaten Tangerang

Dalam rangkaian kegiatan ini, jajaran Direksi KAI juga membagikan bendera kepada pelanggan, melakukan perjalanan dengan kereta bersejarah, dan lomba mewarnai bagi anak-anak dengan tema kemerdekaan.

"Apa yang kita lakukan hari ini adalah ingin menunjukkan bahwa kecintaan masyarakat pada kereta api," kata Didiek.

Kereta bersejarah Djoko Kendil di Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).
Kereta bersejarah Djoko Kendil di Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

"Kami tunjukkan bahwa kereta api melakukan improvisasi atau melestarikan warisan heritage dari pada sarana rolling stock dan kita jalankan dari Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok," ucapnya lagi.

Adapun Lokomotif Bon-Bon atau merupakan lokomotif listrik pertama yang beroperasi di Indonesia.

Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925 dalam peresmian elektrifikasi jalur kereta api yang pertama kalinya pada rute Tanjung Priok sampai Meester Cornelis (Jatinegara).

Suasana perjalanan kereta bersejarah Djoko Kendil dari Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).
Suasana perjalanan kereta bersejarah Djoko Kendil dari Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Di sisi lain, Kereta Djoko Kendil pertama kali dioperasikan pada 1938 untuk melayani kereta mewah Nacht Express relasi Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta.

Kereta Djoko Kendil terdiri dari dua kereta yang juga diberi nomor baru yaitu IW 3821 dan IW 38221.

Nama Djoko Kendil diambil dari hikayat seorang putri Kerajaan Brawijaya yang jatuh cinta pada Djoko Kendil, seorang pemuda dari kalangan masyarakat biasa.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved