Putra Siregar Tersangka Pengeroyokan

Bos PS Store Putra Siregar & Rico Valentino Divonis 6 Bulan Penjara, Lebih Rendah dari Tuntutan JPU

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 6 bulan penjara kepada bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Sidang Putra Siregar dan artis Rico Valentino. Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 6 bulan penjara kepada bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR MINGGU - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 6 bulan penjara kepada bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino.

Sidang pembacaan vonis itu digelar di ruang sidang 2 PN Jakarta Selatan, Kamis (18/8/2022) siang.

Diketahui, Putra Siregar dan Rico Valentino diadili setelah mengeroyok pria bernama Muhammad Nur Alamsyah di Kafe Code, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Maret 2022 lalu.

"Mengadili, menyatakan terdakwa 1 Putra Siregar dan terdakwa 2 Rico Valentino terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan terang-terangan dan bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang," kata Ketua Majelis Hakim Abu Hanifah saat membacakan putusan.

"Menjatuhkan pidana kepada para terdakwa, oleh karena itu, dengan pidana penjara masing-masing selama 6 bulan," lanjut Ketua Majelis Hakim.

Baca juga: Sidang Vonis Bos PS Store Putra Siregar dan Rico Valentino Ditunda Sepekan Gara-gara Hakim Sakit

Lebih lanjut, Hakim menetapkan masa tahanan yang telah dijalani para terdakwa dikurangi dari pidana yang dijatuhkan.

"Menetapkan para terdakwa tetap ditahan. Membebani para terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp 2.000," ujar Abu Hanifah.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 6 bulan penjara kepada bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino.
Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 6 bulan penjara kepada bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino. (TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM)

Adapun Putra Siregar dan Rico Valentino menjalani sidang pembacaan vonis secara virtual dari Polres Metro Jakarta Selatan.

Hanya Majelis Hakim dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang hadir langsung di ruang sidang PN Jakarta Selatan.

Vonis yang dijatuhkan untuk Putra Siregar dan Rico Valentino lebih rendah dari tuntutan Jaksa yang menuntut kedua terdakwa dihukum 10 bulan penjara.

Sebelumnya, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto yang saat itu menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan menjelaskan, aksi pengeroyokan oleh Putra dan Ruco terhadap pria bernama Nur Alamsyah terjadi di kafe CD di kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 2 Maret 2022 lalu.

"Peristiwa ini dipicu karena ada salah satu kawan perempuan yang ada di kelompok RV dan PS ini mendatangi ke mejanya korban MNA," kata Budhi saat merilis kasus ini, Rabu (13/4/2022).

Budhi menuturkan, Rico Valentino dan Putra Siregar tidak mengetahui pembicaraan antara teman perempuannya dengan korban.

Namun, Rico Valentino tidak senang melihat teman perempuannya berbicara dengan korban.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar sidang perdana kasus penganiayaan dengan terdakwa bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino, Kamis (23/6/2022).
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menggelar sidang perdana kasus penganiayaan dengan terdakwa bos PS Store, Putra Siregar, dan artis Rico Valentino, Kamis (23/6/2022). (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

"Tersangka RV lalu mendatangi korban MNA, kemudian melakukan pemukulan terhadap korban MNA," ujar Kapolres.

Tak berselang lama, lanjut Budhi, Putra Siregar juga mendatangi meja korban dan turut melakukan penganiayaan.

"Tersangka PS bersama-sama di situ dengan dia menendang dan mendorong tersangka MNA," tutur Budhi.

Korban Nuralamsyah membuat laporan polisi (LP) pada 16 Maret 2022, atau sekitar dua pekan setelah peristiwa pengeroyokan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved