Belasan Warga Taman Sari Tertangkap Buang Sampah Semabarangan di Tepi Jalan: Berawal Gerobak Parkir

Perwakilan petugas PPSU Keagungan, Dodo Setiono mengatakan warga kerap buang sampah sembarangan di tepi jalan itu lantaran sudah jadi kebiasaan buruk.

ist
Petugas PPSU menangkap tangan beberapa warga yang membuang sampah sembarangan di tepi Jalan Keagungan RT 013 RW 003, Kelurahan Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat pada Minggu (21/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, TAMAN SARI - Sebanyak 15 warga kedapatan buang sampah sembarangan di tepi Jalan Keagungan, dekat kantor Kelurahan, RT 013 RW 003. Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Mereka diciduk oleh sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Keagungan yang menyamar mengenakan pakaian warga biasa.

Perwakilan petugas PPSU Keagungan, Dodo Setiono mengatakan warga kerap buang sampah sembarangan di tepi jalan itu lantaran sudah jadi kebiasaan buruk.

"Ceritanya itu dulu ada gerobak sampah suka ngetem di situ, jadi ngundang warga buang sampah ke situ. Tapi, gerobaknya sudah lama enggak ada, tapi masih saja warga buang ke situ," kata Dodo kepada TribunJakarta.com pada Selasa (23/8/2022).

Dodo dan rekan-rekan PPSU lainnya sudah mengingatkan kepada warga agar membuangnya di tempat semestinya seperti di Tempat Penampungan Sementara (TPS) di kantor kelurahan.

"Untuk tukang sampah keliling yang punya wilayah masing-masing per RW juga ada tapi masalahnya mungkin sudah terbiasa di situ (tepi jalan)," tambahnya.

Baca juga: Ini Penampakan Sampah yang Bikin Banjir Simpang Mampang Depok: Ada Tengkorak Kepala Sapi

Kebanyakan sampah yang dibawa Kelima belas pelanggar itu ialah sampah dapur.

Terhitung sebanyak 18 kantong plastik berisi sampah berukuran besar dibuang di malam itu.

Petugas PPSU menangkap tangan beberapa warga yang membuang sampah sembarangan di tepi Jalan Keagungan RT 013 RW 003, Kelurahan Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat pada Minggu (21/8/2022).
Petugas PPSU menangkap tangan beberapa warga yang membuang sampah sembarangan di tepi Jalan Keagungan RT 013 RW 003, Kelurahan Keagungan, Taman Sari, Jakarta Barat pada Minggu (21/8/2022). (ist)

Kegiatan OTT dilaksanakan dari malam jam 23.00 WIB sampai 05.00 WIB.

"Kita tegur keras kepada para pelanggar. Kita arahkan warga untuk sadar sampah dan pembuangannya ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) atau ke petugas sampah wilayah," tambah Dodo.

Dodo bersama rekan-rekan PPSU lainnya akan menggelar OTT setidaknya selama seminggu ini.

Namun, petugas rencananya bersama pengurus lingkungan dan Dinas Lingkungan Hidup akan membuat surat perjanjian bila warga masih tak kapok melanggar.

"Untuk minggu depan kalau enggak ada perubahan, baru kita bikin surat perjanjian. Kalau mau buang sampah di situ mungkin dikenakan denda. Tapi belum diomongin sih (dendanya)," ujar Dodo.

Saat menggelar operasi tersebut, petugas tidak mengenakan seragam khas PPSU berwarna orenye.

Baca juga: Limbah Sosis Cemari Sungai Cisadane di Serpong, Aliran Air Berubah Merah Hingga Pengaruhi Ikan

Mereka menyamar dengan mengenakan pakaian biasa layaknya intel.

"Kita bikin syok terapi ke warga. Kita pakai baju biasa. Pas ketahuan, tiba-tiba kita tegor. Kita ingatkan suruh bawa balik lagi sampahnya," pungkasnya.
 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved