Cerita Kriminal

Beraksi 16 Kali, Pelaku Pelecehan Perempuan di Ciracas Akhirnya Berakhir di Tangan Pelajar SMA

Belasan kali beraksi, pelaku pelecehan seksual akhirnya berakhir di tangan Karang Taruna dan pelajar SMA di Ciracas, Rabu (24/6/2022).

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pelaku pelecehan seksual terhadap perempuan, Franky Abraham saat digelandang jajaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM CIRACAS - Franky Abraham kini harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur untuk mempertanggungjawabkan ulahnya melakukan pelecehan seksual.

Franky ditahan di Mapolsek Ciracas usai tertangkap basah oleh remaja Karang Taruna dan sejumlah pelajar SMA saat berulah di RW 04, Jalan Usman, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas.

Petugas keamanan RW 04, Margono mengatakan Franky ditangkap pada Senin (22/8/2022) sekira pukul 14.30 WIB setelah kedapatan meraba dada dan bokong seorang perempuan.

"Sempat diamankan di rumah pak RT. Kalau tidak diselamatkan mungkin sudah habis dipukuli. Banyak warga yang emosi, termasuk siswa karena teman mereka jadi korban," kata Margono, Rabu (24/8/2022).

Warga hingga pelajar emosi lantaran Franky sebelumnya kerap melakukan pelecehan di jalan lingkungan RW 04, korbannya perempuan dewasa hingga siswi sekolah.

Baca juga: Tersangka Pelecehan Seksual di M Bloc Belum Ditahan, Polisi: Dia Cuma Pegang Doang, Tak Meremas

Tiga hari sebelum tertangkap pun petugas keamanan lingkungan sudah mendapat laporan adanya warga yang menjadi korban pelecehan seksual, sehingga Franky sudah diincar.

"Moudusnya itu dia naik motor sambil membuka retseleting alat vitalnya, lalu ketika ada perempuan dipegang bagian dada dan bokongnya. Pas saya tanya dia mengakui perbuatan," ujarnya.

Petugas keamanan RW 04 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Margono saat memberi keterangan terkait kasus pelecehan dilakukan Franky Abraham, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2022).
Petugas keamanan RW 04 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Margono saat memberi keterangan terkait kasus pelecehan dilakukan Franky Abraham, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Margono menuturkan saat ditanya, Franky mengaku sudah 16 kali melakukan pelecehan seksual selama rentan waktu satu tahun terakhir di berbagai wilayah Kecamatan Ciracas.

Selama ini, pelaku berkeliling di jalan lingkungan permukiman warga pada pagi dan siang hari mencari korban yang sedang berjalan kaki seorang diri lalu melakukan aksinya.

Baca juga: Selesai Manggung, Wanita Ini Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual di M Bloc Jaksel

"Itu pengakuan sementara ke saya ketika saya tanya di pos polisi Kelapa Dua Wetan. Korbannya ibu-ibu muda dan siswi. Setelahnya saya hubungi Buser Polsek dan pelaku itu dibawa sama anggota," tuturnya.

Kapolsek Ciracas Kompol Jupriono mengatakan Franky kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan untuk keperluan proses hukum lebih lanjut kasus pelecehan dilakukan.

Pelaku pelecehan seksual terhadap perempuan, Franky Abraham saat digelandang jajaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2022).
Pelaku pelecehan seksual terhadap perempuan, Franky Abraham saat digelandang jajaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Kini Franky terancam menghabiskan masa mudanya di penjara karena dijerat Pasal 289 KUHP tentang Perbuatan Cabul dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara.

"Sudah kami amankan dan sudah ditahan," kata Jupriono.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved